Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
SUMUT  

Survei Ombudsman RI, 19 Polres Jajaran Polda Sumut Meraih Kategori A Opini Pelayanan Publik Kualitas Tertinggi

Polda Sumut
Survei Ombudsman RI, 19 Polres Jajaran Polda Sumut Meraih Kategori A Opini Pelayanan Publik Kualitas Tertinggi

MEDAN(Cakrawalaindonesia.id) – Upaya jajaran kepolisian di Sumatera Utara (Sumut) untuk meningkatkan kualitas layanan publik, terus semakin membaik. Paling tidak, ini bisa dilihat dari hasil Survei Penilaian Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik dan Opini Pelayanan Publik yang dilakukan Ombudsman RI pada tahun 2022.

Dari 28 Polres di jajaran Polda Sumut yang disurvei/dinilai oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumut, 19 Polres di antaranya meraih predikat kepatuhan dan opini pelayanan publik yang cukup baik.

Menurut Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar, capaian ini luar biasa bila dibanding hasil survei tahun 2021. Pada tahun 2021, hanya 9 Polres yang meraih predikat kepatuhan tinggi (zona hijau). Tapi tahun ini, bias mencapai 19 Polres. Artinya, naik 100 persen lebih.

“Capaian Polres se jajaran Polda Sumut dalam survei penilaian tahun 2022 ini, luar biasa,” tegas Abyadi Siregar menjawab pertanyaan wartawan terkait Hasil Survei Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik yang dilakukan Ombudsman RI pada tahun 2022.

Abyadi Siregar merincikan, dari 19 Polres yang meraih predikat kepatuhan dan opini pelayanan publik yang cukup baik itu, 7 Polres di antaranya masuk dalam Katagori A dengan Opini Pelayanan Publik Kualitas Tertinggi. Sedang 12 Polres lain, masuk dalam katagori B dengan Opini Pelayanan Publik Kualitas Tinggi.

Ke 7 Polres yang meraih Predikat Zona Hijau dengan Katagori A dengan Opini Pelayanan Publik Kualitas Tertinggi itu adalah Polres Binjai dengan nilai 95,63, Polres Madina (94,84), Polres Labuhanbatu (93,8), Polres Tebingtinggi (91,07), Polres Dairi (90,76), Polres Tanjungbalai (89,27), Polres Belawan (88,83).

Sedang 12 Polres yang meraih Predikat Zona Hijau Katagori B dengan Opini Pelayanan Publik Kualitas Tinggi adalah Polres Pakpak Bharat (87,28), Polres Batubara (87,18), Polres Langkat (86,66), Polres Karo (85,72), Polres Samosir (84,23), Polres Simalungun (83,56), Polres Deliserdang (82,72), Polres Sergai (81,95), Polres Tapteng (81,61), Polresta Kota Medan (80,95), Polres Tapsel (78,91) dan Polres Padangsidimpuan (78,75).

Sementara itu, masih terdapat 8 Polres yang hanya meraih Predikat Zona Kuning dengan Katagori C dan Opini Pelayanan Publik Kualitas Sedang. Ke 8 Polres itu adalah Polres Humbahas (75,97), Polres Taput (74,45), Polres Tobasa (72,68), Polres Asahan (71,19), Polres Pematangsiantar (69,93), Polres Sibolga (69,53), Polres Nisel (63,37) dan Polres Nias (62,42).

Satu-satunya Polres yang paling terbawah adalah Polres Padang Lawas dengan nilai 34,37. Dengan nilai rendah ini, maka predikat Polres Padang Lawas berada di Zona Merah, Katagori D dengan Opini Pelayanan Publik Kualitas Rendah.