Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
SUMUT  

Infrastruktur Kelistrikan PLN Rampung, Siap Dukung Gelaran F1 Powerboat di Danau Toba Sumut Mulai 24 Februari 2023

PLN
Infrastruktur Kelistrikan PLN Rampung, Siap Dukung Gelaran F1 Powerboat di Danau Toba Sumut Mulai 24 Februari 2023

BALIGE(Cakrawalaindonesia.id) – PT PLN (Persero) memastikan kelistrikan untuk menyukseskan kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) telah siap digunakan. Acara tersebut akan berlangsung dari 24 hingga 26 Februari 2023 di Danau Toba Balige, Sumatera Utara.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, seluruh infrastruktur kelistrikan untuk mendukung F1 Powerboat telah selesai.

“Seluruh persiapan telah rampung 100 persen. Mulai dari pembangkit yang menggunakan energi baru terbarukan (EBT), kemudian di sisi jaringan listrik dan sistem cadangan juga sudah kami siapkan. Kami di PLN berkomitmen menjaga dan mengawal keandalan pasokan listrik selama perhelatan internasional ini dapat berjalan dengan baik,” ujar Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara Tonny Bellamy mengatakan pihaknya juga telah melakukan uji coba skema pengamanan kelistrikan. Serangkaian simulasi juga dilakukan untuk memastikan pengamanan listrik dan sistem cadangan berfungsi dengan baik.

Untuk mendukung pelayanan serta percepatan penanganan gangguan, PLN telah mempersiapkan posko kelistrikan berbasis _Supervisory Control And Data Acquisition_ (SCADA). Sistem ini teringtegrasi dari gardu hubung, jaringan 20 kilo Volt (kV) hingga sistem keamanan listrik di _venue_.

“Simulasi skema pengamanan kelistrikan telah dilakukan dan berjalan dengan baik. Jika terjadi gangguan saat pergelaran berlangsung, PLN dapat melakukan pemulihan pasokan kelistrikan hanya dalam waktu 3 detik,” terang Tonny.

Tonny memastikan kelistrikan di _venue_ utama gelaran F1H2O dan beberapa _venue_ pendukung lainnya akan terus dipantau dan dijamin aman. Pengecekan berkala akan terus dilakukan petugas PLN guna mendukung kesuksesan acara mulai dari tahap persiapan, pembukaan, puncak acara dan penutupan.

Berbagai upaya dari PLN tersebut bertujuan mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi salah satunya lewat kegiatan pariwisata dan olahraga. Pasokan listrik yang andal akan menciptakan _multiplier effect_ dan tentunya mendongkrak gerak laju ekonomi masyarakat.

Baca Juga:  Polda Sumut Tangkap Penembak Mantan Anggota DPRD Langkat
Penulis: OctobryanEditor: Imam Arifin