INDEKS

Wirausaha Muda di Yogya Ikuti Pelatihan HBC Ciptakan Gagasan Baru dalam Usaha

Wirausaha Muda
PELATIHAN Home Business Camp (HBC) di Yogyakarta pada 27-29 Juni 2022 diikuti 120 peserta wirausaha muda berusia 18-28 tahun. (Foto CIO/Adam)

CIO—Pemerintah Kota Yogyakarta terus mendorong para pelaku usaha muda di Kota Yogya dengan berbagai inovasi melalui Pelatihan Home Business Camp (HBC).

Pelatihan yang digelar di Yogyakarta pada 27-29 Juni 2022 oleh Dinas Perindustrian Koperasi (Dinperinkop) Usaha Kecil dan Menengah bertujuan untuk menumbuhkan semangat kaum muda berwirausaha.

Sekretaris Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah (Disperinkopukm), Ary Iryawan, mengatakan pelatihan untuk para wirausaha muda sekaligus untuk membentuk jaringan antarpeserta.

“Kami yakin setelah jaringan ini terbentuk akan muncul gagasan dan inovasi,” ujarnya, Selasa (28/6/2022).

Pihaknya sengaja mempertemukan para wirausaha muda dalam Pelatihan Home Business Camp (HBC) agar berbagai inovasi dapat diciptakan.

Menurut Ary, wirausaha muda sangat identik dengan inovasi dan gagasan kreatif, yang harus disalurkan melalui kegiatan wirausaha yang bermanfaat terhadap semua pihak.

Hingga tahun 2022, Pelatihan Home Business Camp (HBC) telah memiliki ratusan peserta wirausaha muda.

Tahun ini (2022) ada empat angkatan sebanyak 120 peserta wirausaha muda di Yogya mengikuti Program Dinas Perindustrian Koperasi (Dinperinkop) Usaha Kecil dan Menengah. Namun, satu angkatan terbatas untuk 30 orang.

Melalui Pogram Pelatihan Home Business Camp (HBC) Pemerintah setempat terus berupaya meningkatkan jumlah para wirausaha muda di Yogya agar semakin banyak lapangan pekerjaan dan menjadi solusi terhadap kemiskinan.

Pelatihan Home Business Camp (HBC) yang didominasi oleh pelaku usaha muda berusia 18-28 tahun itu memiliki berbagai bidang usaha di antaranya kuliner, fesyen, jasa, dan kerajinan.

“Para peserta pelatihan ini sebelumnya telah dilakukan seleksi administasi dan wawancara,” katanya.

Nantinya, kata Ary, setelah para peserta mengikuti pelatihan selama dua tahun akan diberikan bantuan fasilitas promosi, pendampingan oleh para tenaga ahli dari Disperinkopukm, pembiayaan dan kemitraan.

Dinas Perindustrian Koperasi (Dinperinkop) Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogya berharap program pelatihan yang diadakan setiap tahun itu dapat menjadikan wirausaha muda di Yogya semakin maju dan berkembang.

Exit mobile version