INDEKS
NEWS  

IJFD Toyota 2024 Perkuat Persahabatan Indonesia Jepang & Masyarakat Internasional di Jepang

IJFD Toyota 2024
IJFD Toyota 2024 Perkuat Persahabatan Indonesia Jepang & Masyarakat Internasional di Jepang

TOKYO(Cakrawalaindonesia.id) – Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Mikronesia Heri Akhmadi membuka kegiatan 2nd Indonesia International Friendship Day di Toyota 2024, di Kota Toyota,  Prefektur Aichi, pada 27-28 April 2024.

Kegiatan yang menjadi bagian dari rangkaian program promosi dan pelayanan terpadu Indonesia Japan Friendship Day (IJFD) Toyota 2024 ini dihadiri lebih dari 3250 pengunjung dalam dua hari penyelenggaraan.

Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Toyota Indonesia Group (TIG) dan Toyota International Association (TIA) ini, selain memperoleh pelayanan terpadu KBRI Tokyo, pengunjung juga dihibur dengan gelar seni budaya Indonesia dan berbagai negara lainnya seperti Jepang, India, Jepang, Brazil, China dan Vietnam. Aneka stan kriya dan kuliner khususnya sajian dengan cita rasa khas Indonesia turut meramaikan festival tahunan ini.

Hadir dalam kegiatan Wali Kota Toyota Toshihiko Ota, Chairperson Toyota International Association Saeki Hanae, Managing Director Toyota International Association Sakamine Hideaki, dan Konsul Kehormatan RI di Nagoya Sugimoto Hideo.

Dubes Heri yang didampingi oleh Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie, Koordinator Fungsi Politik Ali Andika Wardhana, Atase Imigrasi Arya Pradana Anggakara, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Amzul Arifin serta Atase Keuangan Leni Nurlaeni sampaikan IJFD Tokyo 2024 menjadi simbol eratnya persahabatan Indonesia – Jepang dan masyarakat dunia.

“Kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang Indonesia dan memperkuat saling pengertian antara Indonesia, Jepang, dan komunitas internasional lainnya. Saya berharap, festival ini akan menambah kemeriahan tahun 2024, tahun persahabatan dan penuh harapan bagi warga Indonesia, Jepang, dan masyarakat dunia,” ujar Dubes Heri.

“KBRI Tokyo telah menyelenggarakan sejumlah  kegiatan dalam rangka mempromosikan partisipasi Indonesia pada Osaka Expo 2025. Pada Februari lalu telah dilakukan Peresmian lokasi Paviliun Indonesia di World Expo 2025 di Osaka. Pada Juni nanti, kami akan gelar rangkaian kegiatan promosi perdagangan, pariwisata dan investasi bertema Enchanting Indonesia Evening 2024 di Tokyo. Kami mohon dukungannya,” tambah Dubes Heri.

Sementara itu Wali Kota Tokyo Toshihiko Ota meyakini kegiatan ini menjadi momen mempererat hubungan kerja sama Indonesia-Jepang.

IJFD dihadiri warga Indonesia dan Jepang juga dihadiri komunitas warga India, China, Brazil, Vietnam dan lainnya.

Para pengunjung tampak antusias menikmati ragam tampilan kesenian Indonesia seperti Reog, Tari Daun Pulus dari Jawa Barat, Tari Panen dari Minangkabau, Tari Maumere dari Nusa Tenggara Timur, Hadrah, serta dangdut. Berbagai stan kuliner Indonesia yang dipenuhi antrian pengunjung seakan mengobati kerinduan WNI dan diaspora Indonesia yang pada umumnya sudah tinggal cukup lama di Jepang.

“Seru sekali. Saya dan keluarga selain bisa nikmati kuliner Indonesia dan pertunjukan kesenian, juga mendapat pelayanan dari KBRI Tokyo,” ujar Helmi yang telah 2 tahun bekerja dan tinggal di kota Toyota.

“Terima kasih atas bantuan, dukungan dan kerja sama yang selalu diberikan KBRI kepada kami komunitas masyarakat Indonesia untuk terus berkreasi membangun negeri dengan cara kami level akar rumput,” ucap Moelyono, Ketua Toyota Indonesia Group yang juga salah satu Ketua Panitia Indonesia International Friendship Day.

Dialog dengan Perwakilan Komunitas Indonesia di Aichi

Sebelumnya dalam dialog dengan perwakilan komunitas Indonesia yang bermukim di Prefektur Aichi, Dubes Heri berpesan agar warga Indonesia terus saling bersinergi tanpa melihat latar belakang agama, suku, pendidikan, dan kewarganegaraan.

Layanan Terpadu KBRI Tokyo

Sementara itu warga Indonesia yang hadir juga memanfaatkan pelayanan terpadu KBRI Tokyo. Tercatat lebih dari 500 WNI mengikuti layanan terpadu ini. Pelayanan yang dilakukan di antaranya meliputi perpanjangan paspor, lapor diri, konsultasi kekonsuleran dan tenaga kerja, konsultasi keuangan dan perpajakan, serta konsultasi pendidikan.

Dialog Duta Besar Heri Akhmadi dengan PPI Nagoya dan Layanan Pendidikan di Nagoya

Dalam rangkaian kunjungan ke Prefektur Aichi, Dubes Heri Akhmadi juga bertemu dengan pengurus PPI Jepang di Universitas Nagoya. Dalam kesempatan itu Dubes Heri meminta agar membantu KBRI Tokyo dalam  pembinaan kelompok masyarakat.

“Selain itu, juga membuka ruang kerja sama di bidang pertukaran mahasiswa, riset serta menginisiasi kerja sama antar universitas Indonesia dengan Jepang,” pesan Dubes Heri.

Pesan Dubes Heri ditanggapi positif oleh Ketua PPI Nagoya Rafi Rizky Firdaus. Ia berharap kerja sama antara PPI dengan KBRI Tokyo dapat lebih efektif kedepannya serta memberi manfaat maksimal untuk semua pihak.

Monitoring dan Evaluasi Konsul Kehormatan RI Nagoya

Dubes Heri juga memanfaatkan kunjungan untuk berdiskusi dan bertukar pandangan dengan Konsul Kehormatan (Konhor) Republik Indonesia yang membawahi Prefektur Aichi, Sugimoto Hideo.

Diskusi membahas tentang evaluasi dan rencana kerja KBRI dan Konsul Kehormatan di bidang ekonomi, sosial budaya, dan ketenagakerjaan.

Keduanya menegaskan kembali komitmen untuk terus mendorong terciptanya hubungan harmonis dan saling menguntungkan antara masyarakat Indonesia dan Jepang.

Exit mobile version