CIO – Salah satu cara untuk menunjang kelancaran transaksi pembayaran sebuah usaha adalah pengadaan mesin kartu kredit yang memudahkan pembayaran dalam memberikan bukti yang baik kepada konsumen dan klien, dan membuat pendataan yang akurat bagi pemilik usaha.
Mesin kartu kredit yang baik jelas yang statusnya masih baru, sementara mesin kartu kredit yang bekas besar kemungkinan berbagai komponennya telah rusak yang dapat menyebabkan kegagalan transaksi yang berakibat fatal.
Akibat fatal yang mungkin terjadi adalah tidak tersambungnya antara mesin kartu kredit secara online dengan sistem pembayaran toko dan bank yang akan melakukan pembayaran.
Jika kegagalan transaksi pembayaran, besar kemungkinan konsumen dan klien akan dirugikan. Semisal terjadi transaksi, namun karena dianggap gagal dan struk tidak keluar pada mesin kartu kredit yang kurang baik tersebut, transaksi dilakukan lagi.
Namun yang tercatat pada bank adalah transaksi yang dilakukan telah terjadi 2 kali. Ini jelas merugikan konsumen dan klien dan dapat berkibat fatal bagi toko yang menyediakan mesin kartu kredit semacam ini.
Toko tersebut dapat dianggap sebagai toko yang tidak bonafit karena gagal melakukan transaksi kartu kredit sehingga klien dan konsumen mulai beranggapan bahwa toko tersebut tidak kompeten, bahkan nama baik toko tersebut dapat tercemar.
Jadi yang perlu anda jaga sebagai pemilik usaha adalah membeli mesin gesek kartu kredit yang baru karena lebih terjamin keberhasilannya dan toko anda tidak akan mengalami hal yang sangat merugikan seperti yang terjadi diatas.
Nama baik usaha anda juga dapat dipertanggung jawabkan. Jika anda menggunakan pembayaran dari bank, pastikan anda menyebutkan kepada klien dan konsumen jika anda akan membebankan biaya adminsitrasi bank karena penggunaan kartu kredit kepada konsumen.
Biasanya dikenakan charge oleh bank adalah sekitar 2,5% – 3 % dari jumlah transaksi.
Jumlah transaksi ini harus anda sebutkan sebelum klien dan konsumen menggunakan sistem pembayaran melalui kartu kredit sehingga klien dan konsumen dapat memberikan keputusan apakah mereka bersedia menggunakan kartu kredit atau tidak.
Pelayanan informasi seperti ini sangatlah membantu konsumen dan konsumen akan merasa diperhatikan jika pelayanan toko anda melakukannya.