Oleh: Ahmad Sholeh, Pedagang Sembako
(CIO) — Hari ini, saya coba mampir di Al-Bahjah Chicken (AB Chicken). Memesan menu sarapan.
Paginya saya belum sempat sarapan. Langsung berangkat kulakan barang dagangan.
Melihat karyawan AB Chicken mengepel lantai karena bekas tapak kaki pelanggannya. Saya jadi ingat pelanggan di warung ketika saya membersihkan atau menyapu lantai warung.
“Leh, ngapain disapuin, nanti juga kotor lagi lantainya? Warungkan tempat orang bolak-balik belanja,” kata pelanggan saya.
“Ohh iya..” jawab saya menimpali sembari senyum.
“Biarin aja lantainya kotor, capek kamunya,” kata dia sedikit perhatian.
“Iya bu, makasih hehehe” ucap saya santai sedikit tertawa.
Saya sendiri suka dengan kebersihan. Kalo lantai berdebu dan telapak kaki ngerasa nggak nyaman, saya langsung ambil sapu. Dan membersihkan lantai.
Pelanggan saya yang lainnya pernah ngomong, “buat apa lantainya disapuin aja. Nanti lagi kalo warung mau tutup. Sekalian biar bersih semuanya.”
Lagi saya hanya memberi senyum sebagai jawaban.
Ketika ada salah seorang merendahkan ketika saya menyapu lantai warung, disitulah saya kemudian menjawab.
“Mbak, kebersihan itu penting bagi kami yang berjualan. Agar pelanggan nyaman. Biar pelanggan suka berbelanja di sini. Biar penjualannya meningkat,” ujar saya.
“Mbak pernahkan ke mall? mbak pernah masukkan? Gimana rasanya? Nyaman kan? Nah itulah maksud saya. Kita kalo ke mall itu punten ya kalo bisa sambil belajar. Bukan hanya shopping, atau nongkrong doang, cobalah sembari mengamati. Di sana tiap waktu jika lantai kotor petugas kebersihan sigap mengepel membersihkan. Dan itu bagian dari pelayanan atau service. Dan mbak lihatkan pengunjung malah makin banyak kan? Nah hal itu yang coba saya tiru,” tambah saya.
“Iya mas,” jawabnya
“Mbak pernahkan ke outlet-outlet barang mewah kalo di mall, di sana nyaman banget, bersih, rapi, penataannya sangat indah. Karyawan yang ngelayanin juga sangat keren, cantik dan sopan. Apakah orang yang masuk di tempat itu orang-orang biasa? Bukan kan? Yang masuk adalah orang berduit, orang kaya. Nah orang kaya itu suka yang kayak gitu. Bukan yang kotor. Bukan barang murahan juga hehehe..” jelas saya.
Banyak pelajaran yang bisa kita dapat dari ngemall kalo yang mau belajar.. ya kalo nggak mau ya nggak apa. Bebas aja sih.
Memanfaatkan waktu untuk belajar itu keren. Apalagi kalo kita coba terapkan ke diri sendiri. Mantap itu hehehe.
Eh, nggak terasa sudah tanggal 4 Maret ya..
(***)