Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here

Jelang Libur Sekolah, Kemenparekraf Ajak Wisata #DiIndonesiaAja Lewat GWN 2024

GWN 2024
Jelang Libur Sekolah, Kemenparekraf Ajak Wisata #DiIndonesiaAja Lewat GWN 2024

JAKARTA(Cakrawalaindonesia.id) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengajak masyarakat berwisata #DiindonesiaAja melalui pameran Gebyar Wisata Nusantara (GWN) 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center pada 13-15 Juni 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (13/06/2024), mengatakan bahwa GWN tahun 2024 ini berfokus untuk mempromosikan pariwisata tanah air dalam rangka mengejar target 1,25 miliar-1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di tahun 2024.

“Partisipasi Kemenparekraf dalam GWN 2024 diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pencapaian target jumlah perjalanan wisnus di tahun 2024 dengan nilai kontribusi pariwisata terhadap PDB diharapkan bisa mencapai 4,2 persen,” kata Menparekraf Sandiaga.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menambahkan pencapaian target ini didukung dengan kampanye nasional Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBWI) dengan tagar #DiIndonesiaAja.

“Kampanye ini sebagai ajakan agar masyarakat Indonesia lebih mencintai destinasi wisata di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi nasional dan mendorong pembukaan lapangan kerja baru,” ujar Made.

Made melanjutkan, partisipasi dalam GWN merupakan wujud kolaborasi antar stakeholder dalam memasarkan destinasi wisata di Indonesia.

“Dengan adanya informasi paket wisata menarik serta produk ekonomi kreatif yang ditawarkan oleh industri pariwisata ke masyarakat ini dapat meningkatkan minat Masyarakat untuk liburan di dalam negeri saja, terutama saat mendekati masa liburan sekolah ini,” kata Made.

Pada GWN 2024 ini, Kemenparekraf gencar mempromosikan destinasi wisata Indonesia baik atraksi wisata maupun akomodasinya, terutama yang ada di 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP) dan 5 destinasi pariwisata prioritas (DSP). Kemenparekraf memfasilitasi 5 industri pariwisata, yaitu Desa Wisata Alamendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat; Tanjung Lesung Resort; PT. Jababeka Morotai; PT. Heha Inovasi Manajemen Yogyakarta; dan satu Online Travel Agent (OTA) yaitu Traveloka.