Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here

Contoh Proposal Usaha Distro Baju Kaos,Sepatu Olahraga Online Lengkap

CIO – Usaha distro merupakan salah satu jenis badan usaha yang berjalan di bidang perdagangan. Untuk memulai usaha ini diperlukan banyak modal mulai dari lokasi, produk pakaian yang dijual dan lain-lain.

Bagi kalangan yang belum memiliki modal begitu banyak dan ingin menjalankan usaha distro bisa membuat sebuah proposal untuk diajukan kepada para investor yang sesuai dan mau untuk diajak bekerjasama dalam membangun usaha distro dengan sistem dan ketentuan yang disepakati bersama.

Atau bisa juga untuk pengajuan peminjaman modal di bank. Berikut ini penjelasan yang bisa dijadikan untuk contoh proposal usaha distro, yaitu:

Bab 1

  • Pendahuluan

Dalam pembuatan proposal bagian awal, jelaskan tentang spesifikasi usaha distro yang akan dan sedang dijalankan. Mulai dari nama, alamat, nomor kontak. Selain itu, tambahkan tentang informasi mengenai bisnis distro yang dilaksanakan dan tujuan didirikannya usaha distro.

Di bagian awal ini berikan uraian yang jelas, rinci dan menarik perhatian agara nanti mudah untuk mendapatkan modal dan bekerjasama dengan para investor.

Bab 2

  • Latar belakang

Berisi tentang latar belakang berdirinya usaha distro dan kebutuhan masyarakat tentang adanya usaha distro tersebut. Hal ini diurai secara implisif dan sesuai dengan survei lingkungan dan masyarakat sekitar.

  • Visi dan misi

Menjelaskan tentang tujuan, prinsip, fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh usaha distro untuk kebutuhan masyarakat pada umumnya.

  • Lokasi

Penjelasan tata letak dan tempat yang akan didirikan usaha distro. Pilih lokasi yang strategis dan bisa diakses oleh masyarakat pada umumnya. Penentuan lokasi sangat mempengaruhi tentang kerjasama dengan investor dan peminjaman modal bank.

  • Waktu

Menjelaskan tentang waktu pelayanan usaha distro mulai dari buka sampai tutupnya.

  • Kesan

Berisi tentang sistem pelayanan yang diberikan oleh pihak usaha distro bagaimana bisa menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka terasa senang, tenang dan nyaman.

  • Konsep promosi

Strategi dan sistem yang diciptakan untuk pemasaran produk yang efektif dan efisien. Penjelasan tentang sistem promosi yang dilakukan mulai dari offline maupan online.

  • Target pelanggan

Target yang diinginkan dari produk yang sedang ditawarkan. Terapkan sistem untuk memenuhi target setiap bulan atau setiap tahunnya. Berikan spesifikasi yang lebih detail dan matang untuk meyakinkan para investor atau pihak bank.

Bab 3 tentang analisa industri

  • Perspektif masa depan

Penjelasan mengenai prospek ke depan tentang usaha distro yang disesuaikan dengan jasa atau produk yang sedang ditawarkan sekaligus dijual.

  • Analisis persaingan

Analisis ini diketahui berdasarkan survei dan hasil pemantau di sekitar lokasi usaha distro yang sangat tepat untuk mendirikan usaha tersebut dan belum ada yang menyaingi. Kalau pun berikan kelebihan dan keunikan dari usaha distro tersebut dibandingkan yang lain.

  • Segmen pasar yang dimasuki

Mengenai segmen pasar yang nanti akan dimasuki. Bandingkan permintaan dan kebutuhan masyarakat sehingga nanti mudah untuk mendapatkan konsumen. Jelaskan juga tentang sistem pelayanan yang diberikan dan kualitas usaha distro yang dijalankan dengan sistem yang sehat dalam persaingan.

Untuk bab yang selanjutnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan proposal usaha distro. Bisa diisi tentang perencanaan produksi, perencanaan permodalan, resiko, evaluasi dan lain sebagainya.

Untuk bentuk sekaligus contoh proposal usaha distro di atas bisa dijadikan referensi bagi siapa saja yang akan membuat dan sedang menjalankan usaha distro yang ingin maju dan berkembang dengan mencari para investor atau peminjman uang di bank.

Hal ini perlu strategis yang jitu agar usaha distro tersebut terus berkembang dan mendapatkan banyak keuntungan sehingga kerjasama dan peminjam bisa dijalani dengan lancar tanpa ada hambatan.