Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here

Sejarah Singkat Nagoghi (Negeri) Air Tiris

SEJARAH SINGKAT NAGOGHI ( NEGERI) AIR TIRIS (Dari Koto Ombun menjadi Koto Pukektan menjadi Air Tiris).
SOKO PISOKO WILAYAH UNDANG JATI

Penulis: Indra Zoneaydi Piliang

(CIO) — Air Tiris merupakan salah satu nagoghi di Limo Koto, Kampar Andiko 44. Di masa kekinian cakupan kawasan Nagoghi Air Tiris tersebut berada dalam Kecamatan Kampar Utara dan dalam sebahagian Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar.

Air Tiris sebelumnya merupakan kawasan Koto Ombun, cakupan wilayah Koto Ombun tersebut mulai dari Bukit Pancuong Gadiong dan Bukik Palambaian hingga ke Tanjung Sibaras Baras dekat Koto Laut Embun Jatuh.

Di masa “tanah belum beku berpulau- pulau percah” sewaktu “gagak putio bangau itam“, Puti Soghi dan anaknya Dt. Palo Koto dari suku (klan) Domo bersama rombongan turun ke Koto Ombun dari Onah Koto Jangkang dan menetap di Koto Bolio. kemudian disusul oleh rombongan dari suku Piliang diketuai oleh Dt. Majo Kayo menetap di “Imbo Panyongek”, selanjutnya rombongan dari suku Mandeliong diketuai oleh Datuk Sati, dan rombongan dari suku Putopang diketuai oleh Datuk Bijo Puto.

Di Talago Undang setelah karang berbatu tiang panjang ditegakkan, disusunlah dasar aturan. Adat berupa aturan (hukum) asli buatan pribumi (yang disebut otentik), dan kokoh (fundamental). Mengatur banyak hal tentang status jati diri seseorang, dalam lingkup besar disebut Masyarakat Soko (suku) posisinya diletakkan pada bagian yang tidak dapat diubah-ubah dan diganti-ganti (disebut cupak dan gantang) . Cupak Gantang artinya adalah hukum sukatan tidak dapat diubah-ubah. Yang memegang kuasa kepemimpinan sebagai pelaksana pekerjaan yang takluk berada di bawah soko kaum suku disebut Ninik Mamak.

Ninik Mamak berkewajiban mengurus dan memenuhi hak-hak anak kemenakannya, kampuong dan nagoghi. dipakai oleh adat adalah penyerahan kekuasaan adat di tangan laki-laki (dari pihak perempuan) yang manjawek pisoko (yang mengemban tugas pisoko). dalam ungkapan adat: “daghi niniok tuwun kamamak, daghi mamak ma- iliu ka- kamanakan“) yang merupakan kekuatan pembela dibenarkan dalam adat.

Seiring dengan bertambahnya jumlah masyarakat dan berdatangan rombongan – rombongan dari Onah Koto Jangkang ke Koto Ombun, yang merupakan bagian dari III Koto Diluar, tersusunlah “otok bajajau cacau babaghi” maka terhitung lah Pucuok Suku berjumlah sebanyak dua puluh (20), yang disebut ninik mamak nan 20 hingga berfase-fase pertukaran corak pemerintahan yang terakhir masa pemerintahan Sriwijaya (Sribhoga).

Pasca mengecilnya wilayah teritorial Pemerintahan Sriwijaya, di masa pusat pemerintahan Sriwijaya dipusatkan di Palembang, Kampar berdiri sendiri keluar dari federasi Sriwijaya, membentuk pemerintahan Kampar Andiko 44. wilayah Koto Ombun dijadikan dua (2) nagoghi yaitu Nagoghi Koto Pukektan (sebelum berubah nama menjadi Air Tiris) dan Nagoghi Umbio. Delapan pucuok suku diantara ninik mamak nan duo puluoh berada dalam Nagoghi Umbio.

Sedangkan pucuok suku yang berada di Nagoghi Koto Pukektan (sebelum berubah nama menjadi Air Tiris) berjumlah dua belas (12):
1. Suku Domo Piangan, Pucuok Suku Dt. Jo Malano.
2. Suku Domo Palo Koto, Pucuok Suku Dt. Palo Koto.
3. Suku Domo Kik Concang/dalam/tongah, Pucuok Suku Dt. Bandagho Mudo.
4. Suku Putopang Piangan, Pucuok Suku Dt. Kiayong.
5. Suku Putopang Limo Abuong, Pucuok Suku Dt. Bijo Puto.
6. Suku Putopang Taghatak Toghok, Pucuok Suku Dt. Sindo Di-Ajo.
7. Suku Piliong Majo Kayo, Pucuok Suku Dt. Majo Kayo (Dt. Pangulu Bosau).
8. Suku Piliong Piangan, Pucuok Suku Dt. Bijaksamano.
9. Suku Piliong Doghe, Pucuok Suku Dt. Jalo Anso Botuah.
10. Suku Mandeliong, Pucuok Suku Dt. Sati.
11. Suku Bendang, Pucuok Suku Dt. Paduko Majo.
12. Suku Kampai, Pucuok Suku Dt. Tumpokomo.

Disebabkan memilih Ninik Mamak Godang Kolu dan Godang Kadalam di Nagoghi Airtiris. Dt Sati diposisikan sebagai Godang Kadalam, gelar semula Dt. Sati menjadi Dt. Pangulu Bosau. Sedangkan yang berposisi sebagai Godang Kolu yang awalnya jatuoh undiong ka Dt. Palo Koto, akibat Dt. Palo Koto tidak menerima dan menyerahkan posisi Godang Kolu ka Dt. Bandaro Mudo. sehingga gelar semula Dt. Palo Koto menjadi Dt. Indo Komo, dan dari semula gelar Dt. Bandaro Mudo menjadi Dt. Bandaro Itam.

Karena utang pangulu dibayu pangulu, utang soko dibayu soko, lansai utang dek babayu, lansai piutang dek manemo. Dt. Jalo Anso Botuah di koghek gelarnya akibat godang kagodangan kepada Dt. Majo Kayo. Sehingga gelar Jalo Anso ditimbang bajawek kapado umpuok Dt. Bandaro Kayo (Dubalang Piliang Dt. Majo Kayo), dan iduik bakaredhoan dengan Dt. Majo Kayo. Dt. Jalo Anso naik takbal ke balai nagoghi, tiang Dt. Jalo Anso Botuah menjadi tempat bersandar bagi Dt. Jalo Anso. Dan terhitung sebagai pucuok suku tersendiri, dan godang dinagoghi dalam kumpulan ninik mamak nan 12.

Sedangkan gelar Botuah yang tinggal untuk gelar yang semula Dt. Jalo Anso Botuah menjadi Dt. Botuah. dan satu tiang dalam balai nagoghi dengan Dt. Bijaksamano. Sehingga jumlah ninik mamak nan 12 kalau dihitung tiga belas (13) ninik mamak pucuok suku, namun sebutannya tetap ninik mamak nan 12.

Di Nagoghi Air Tiris terdapat suku:
1. Suku Domo Piangan, Pucuok Suku Dt. Jo Malano.
2. Suku Domo Palo Koto, Pucuok Suku Dt. Indo Komo.
3. Suku Domo Dalam/tongah, Pucuok Suku Dt. Bandagho Itam (Pucuok Nagoghi Air tiris), Andiko.
4. Suku Putopang Piangan, Pucuok Suku Dt. Kiayong.
5. Suku Putopang Limo Abuong, Pucuok Suku Dt. Bijo Puto.
6. Suku Putopang Taghatak Toghok, Pucuok Suku Dt. Sindo Di-Ajo.
7. Suku Piliang Majo Kayo, Pucuok Suku Dt. Majo Kayo.
8. Suku Piliang Piangan, Pucuok Suku Dt. Bijaksamano.
9. Suku Piliang Doghe, Pucuok Suku Dt. Botuah.
10. Suku Piliang Limo Abuong, Pucuok Suku Dt. Jalo Anso.
11. Suku Piliang Paghik, selaku Pucuok Suku Dt. Gindo Simajo (menjadi Pucuok Kampuong Piliang Dt. Majo Kayo).
12. Suku Piliang Dang Toghok/ Sei Tonang, selaku Pucuok Suku Dt. Moga (menjadi Pegawai Piliang Dt. Majo Kayo).
13. Suku Piliang Tuongbolik, selaku Pucuok Suku Dt. Mongguong (menjadi Tuo Kampuong Piliang Dt. Majo Kayo).
14. Suku Mandeliong, Pucuok Suku Dt. Pangulu Bosau.
15. Suku Bendang, Pucuok Suku Dt. Paduko Majo.
16. Suku Kampai, Pucuok Suku Dt. Tumpokomo.
17. Suku Caniago selaku Pucuok Suku Dt. Podang Kuto (gabung di Piliang Dt. Majo Kayo).

Ninik Mamak Pangulu Berbaju Hitam sebagai Pimpinan Suku dari Masyarakat Soko (Masyarakat Soko adalah yang memiliki adat, atau asli pemilik adat). Mengakui penguasa baru yang berbaju kuning (pakaian kebesaran raja), dan mengangkatnya sebagai Raja (orang yang diadatkan), yang tumbuh dan lahir dari masyarakat kaum-kaum suku (klan). Kalangan Raja berposisi menjadi lambang kekuasaan dan daulat.

Kelenturan (ekletisitas) hukum adat Kampar Andiko 44 disebut dalam ungkapan adat: ”kondunyo badontiong-dontiong, togangnyo bajelo-jelo, Ulek dipalu ndo mati, Alu pa-malu indak patah, Tanah dipalu indak lombang’‘. adat akan menghukum (dalam artian memberi sanksi) dan menghutangkan (kena denda) orang yang bersalah, akan tetapi jarang sekali dengan mudah mengeluarkannya dari komunitas suku, nagoghinya, sebagaimana digambarkan dalam ungkapan adat : “dibuang ka bukik nan indak ba-angin, ka luwah nan indak ba-ayu”.

Nagoghi Air Tiris merupakan bagian wilayah undang jati, jawuo bajopuik dokek ba -imbau, tidak mengenal dengan istilah Quorum dalam mangakok undiong dibalai, Concang takiok ka ompek suku. Di wilayah undang jati berposisi wilayah yang tidak boleh ber-raja dan berkerajaan.

Karena dasar adat tidak bisa diubah suai, yang mana wilayah undang jati berposisi yang memegang erat dasar adat. Apabila terlanggar, utang lansai dek babayu, lansai utang dek manemo, utang pangulu dibayu pangulu, utang soko dibayu soko. Maka akan naik takbal ke balai Dt. Gindo Simajo dan Dt. Moga (soko tumbuo di ate soko) menjadi anggota kumpulan ninik mamak 12 (akibat memposisikan tumbuo Pisoko di ate soko). disebabkan manumbuohkan Pisoko di ate soko, berakibat soko tumbuo diate soko, berdampak juga iduiok bakaredhoan antara Dt. Gindo Simajo dan Dt. Moga dengan Dt. Majo Kayo, dan menjadi pucuok suku tersendiri yang memayungi anak kemanakannya (kaum).

Sehingga Dinagoghi Air Tiris, yang naik ke balai menjadi ninik mamak nan 12 dan suku tersendir :
1. Suku Domo Piangan, Pucuok Suku Dt. Jo Malano. Naik ke balai.
2. Suku Domo Palo Koto, Pucuok Suku Dt. Indo Komo. Naik ke balai.
3. Suku Domo Dalam/tongah, Pucuok Suku Dt. Bandagho itam (Pucuok Nagoghi Air Tiris), Andiko. Naik ke balai.
4. Suku Putopang Piangan, Pucuok Suku Dt. Kiayong. naik ke balai.
5. Suku Putopang Limo Abuong, Pucuok Suku Dt. Bijo Puto. Naik ke balai.
6. Suku Putopang Taghatak Toghok, Pucuok Suku Dt. Sindo Di-Ajo. Naik ke balai.
7. Suku Piliang Majo Kayo, Pucuok Suku Dt. Majo Kayo. Naik ke balai.
8. Suku Piliang Piangan, Pucuok Suku Dt. Bijaksamano. Naik ke balai.
9. Suku Piliang Doghe, Pucuok Suku Dt. Botuah. naik ke balai.
10. Suku Piliang Limo Abuong, Pucuok Suku Dt. Jalo Anso. Naik ke balai.
11. Suku Piliang Paghik, Pucuok Suku Dt. Gindo Simajo. Naik ke balai.
12. Suku Piliang Dang Toghok/ Sei Tonang, Pucuok Suku Dt. Moga. Naik ke balai.
13. Suku Piliang Tuongbolik, selaku Pucuok Suku Dt. Mongguong.
14. Suku Mandeliong, Pucuok Suku Dt. Pangulu Bosau. Naik ke balai.
15. Suku Bendang, Pucuok Suku Dt. Paduko Majo. Naik ke balai.
16. Suku Kampai, Pucuok Suku Dt. Tumpokomo. Naik ke balai.
17. Suku Caniago selaku Pucuok Suku Dt. Podang Kuto.

#soko-pisoko-limbago#wilayah-undang-jati#duduok-sa-ampaghan-togak-sapamatang#
#izp#

Dari peristiwa Datuk Jino Khatib (Panglimo Khatib di abad ke 17 M) kemudian para pimpinan adat membuat sebuah ba-olek godang (pesta rakyat) dengan bagondang ba-oguong untuk mengganti nama Koto Ombun menjadi Airtiris. secara singkat kisah Panglimo Khatib tersebut dikutip dalam buku Topics Science, Natural history, Ethnology. Collection museum of comparativezoology; biodiversity; Harvard_University; Americana di bawah ini :
It is told that in ancient times there was an underground stream,connecting the Kampar Kanan with the Kampar Kiri.
The legend tells of a certain Indo Chatib from the soekoe Bondang,who once went fishing in the neighbourhood of Koto Ajer Tiris. He pursued a fish which had hidden in a hollow in the river bank.But Indo Chatib kept a firm grasp on the line by which the fish was caught and so could easily follow the fugitive.At last he arrived at the Kampar Kiri. A more credible tale relates that formerly there was a stalaaite cave near the village Batoe Balah.The water which trickled down formed a stream,which flowed underground to Goenoeng Sahilan.”

Nama Air tiris dan sebagainya  dijumpai sementara ini, telah disebut-sebut pada abad ke 17 M. Dalam Kontrak Dagang Timah….. bestonden er vriendschapsbetrekkingen tusschen het bestuur der Oost-Indische Compagnie te Malakka en de Kamparlanden……en op 30 [?] 1686 met Ajer Tiris, Bangkenang, Solo en Koewa (V Kota) voor de levering van tin.(dikutip kembali dalam buku Topics Science, Natural history, Ethnology. Collection museum of comparativezoology; biodiversity; Harvard_University; americana).

Pada catatan Thomas Dias’ perjalanan ke Sumatera Tengah 1684.
From: Daily Journals of Batavia Castle, ANRI HR 2497, beginning with fol. 1431.
..… I had sent the letters from Your Excellencies, including that to Paduca Tuan who is the regent of Ajertiris, delivered.[7] He has some 10,000 people in his territory, among whom are many merchants,…..

Thomas Dias’ perjalanan ke Sumatera Tengah 1684
Terjemahan Indonesia
DARI: CATATAN HARIAN KASTIL BATAVIA, MULAI FOL. 1431.

…. saya bermaksud akan menyampaikan surat-surat Tuan yang salah satu di antaranya lain ditujukan kepada Paduka Tuan yaitu residen Ajertiris [5]; beliau ini mempunyai 10.000 bawahan di kawasannya, di antaranya banyak saudagar,….

#sokopisoko-tumbuodiatetumbuo#

(***)