Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here

Membuka Usaha Kursus Matematika Untuk Anak

usaha kursus matematika untuk anak
Image Source: www.freepik.com_usaha kursus matematika untuk anak

CIO – Matematika adalah salah satu mata pelajaran paling menakutkan bagi siswa, apapun tingkat pendidikannya.

Hal ini merupakan satu peluang yang menggiurkan untuk dijadikan ladang usaha. membuka usaha kursus matematika memiliki peluang sangat besar untuk sukses karena banyaknya konsumen potensial yang tersebar dari berbagai level pendidikan.

Coba anda lihat di kota anda, banyak usaha kursus matematika yang sudah menjamur seperti misalnya untuk anak-anak SD yaitu JARITMATIKA, KUMON ada juga SAKAMOTO, dll.

Masing-masing kursus matematika diatas memiliki metode pengajaran yang berbeda-beda.

Sekalipun demikian bukan berarti anda tidak bisa membuka usaha kursus matematika sejenis. Selalu saja ada pasarnya, jadi tidak usah cemas akan persaingan usaha kursus matematika ini.

Untuk memastikan usaha anda berjalan dengan lancar dan sesuai yang ditargetkan, berikut ini langkah-langkah tips membuka usaha kursus matematika yang dapat anda aplikasikan.

Satu. Menganalisa Pasar

Pada tahap ini, anda perlu menganalisa pasar untuk menentukan segmentasi kursus matematika yang ingin anda bangun.

Hal ini dilakukan jika anda memiliki keterbatasan modal serta tenaga kerja sehingga dibutuhkan ketepatan akan kebutuhan pasar paling potensial dengan fokus usaha anda. pelajari lingkungan sekitar anda atau lokasi yang menjadi target anda, level pendidikan manakah yang paling banyak membutuhkan kursus matematika.

Dua. Menganalisa dan Mengkalkulasi Modal

Tentukan budget yang anda alokasikan dan kemudian buatlah list perlengkapan properti yang anda butuhkan usaha kursus ini.

Pisahkan antara perlengkapan yang essensial dengan yang sebagai pelengkap saja. Prioritaskan pemenuhan perlengkapanyang esensial dengan kualitas baik agar awet dan tahan lama.

Kalkulasikan dana yang dibutuhkan untuk kesemuanya. Untuk data yang lebih valid, ada baiknya anda survey terlebih dahulu harga dipasaran untuk semua item.

Jangan lupa hitung gaji para karyawan termasuk pengajar sehingga anda mengetahui kebutuhan dana setiap bulanya. Buatlah daftar pengeluaran dan prediksi pemasukkan dengan terlebih dahulu menentukan tarif kursus untuk setiap level yang anda selenggarakan.

Usaha kursus matematika ini bisa dimulai dengan modal kecil dengan memanfaatkan garasi rumah anda.

Tiga. Mempersiapkan Pengajar

Salah satu kunci sukses sebuah usaha kursus adalah pengajar yang berkualitas. Terlebih lagi, pelajaran matematika membutuhkan kecerdasan dan pemahaman yang memadai sehingga siswa yang yang dididik, meningkat pemahamannya. Seleksilah calon-calon pengajar secara ketat.

Bila memungkinkan, berilah patokan standar yang cukup tinggi bagi para pengajar yang diterima. Jumlah pengajar yang diterima harus disesuaikan dengan dana yang anda alokasikan.

Idealnya usaha kursus matematika ini bisa dibuka oleh anda yang memiliki keahlian atau pendidikan sarjana matematika, tetapi asalkan anda memiliki keahlian dan minat khusus pada mata pelajaran matematika ini, maka tidak ada salahnya anda mencoba.

Prospek usaha kursus matematika ini sangat menjanjikan, apalagi disetiap kota selalu saja ada pasar tersendiri dimana banyak anak yang mempunyai kelemahan dan hal hitung-hitungan/menyelesaikan rumus matematika.

Padahal saat ini yang menjadi syarat untuk lulus ujian akhir adalah mata pelajaran matematika.

Anda bisa membuat tarif untuk mengikuti kursus matematikan di tempat anda, misalnya: setiap siswa ditarik iuran sampai 200 ribu setiap bulan, untuk kursus matematika 2x dalam seminggu.

Jika diperlukan, anda bisa memberikan paket kursus matematika dengan garansi (misalnya). Bisa 4-5x per minggu secara privat.
Jika demikian anda bisa mematok tarif kursus 300-400 ribu rupiah/bulan.

Semakin anda bisa memberikan bukti bahwa anak-anak yang ikut kursus matematika di tempat anda semakin bagus nilai pelajaran matematikanya maka dalam waktu singkat, usaha kursus matematika milik anda akan kebanjiran banyak siswa baru.

Biasanya peserta kursus matematika di tempat anda akan selalu membawa teman, dari situlah pelan namun pasti usaha kursus matematika anda berkembang dengan cepat.

Jadi usaha kursus matematika ini sangat sangat prospektif sekali.