JAKARTA(Cakrawalaindonesia.id) – PT PLN (Persero) menyiapkan enam langkah strategis untuk membawa perusahaan melaju kencang pada tahun 2023 ini. Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR RI, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memastikan di tahun ini PLN akan meningkatkan kontribusi kepada negara dan juga memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.
Darmawan menjelaskan enam strategi yang dilakukan PLN pada tahun ini merupakan kelanjutan dari program transformasi yang dilakukan perusahaan sejak tiga tahun lalu.
“Kami melanjutkan program transformasi yang sudah kami lakukan sejak tiga tahun lalu agar kami bisa menjadi perusahaan yang lebih _Lean_, _Green_ dan tentu saja bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan,” ujar Darmawan.
Pertama, PLN akan meningkatkan efisiensi perusahaan melalui optimalisasi operasional kelistrikan dan juga memperkuat digitalisasi di segala lini. Kedua, PLN juga akan meningkatkan kinerja korporasi melalui pengembangan portofolio bisnis dan melakukan _unlock value_ perusahaan.
“Di semua lini kami lakukan digitalisasi sehingga _cost structure_ kami semakin baik, PLN semakin efisien saat ini. Ketiga, kami juga akan melanjutkan program transisi energi sehingga bisa mencapai target _Net Zero Emission_ (NZE) di 2060,” tambah Darmawan.
Darmawan optimistis bahwa tahun 2023 ini PLN bisa menciptakan kinerja operasional dan keuangan perusahaan lebih baik dari tahun 2022. Apalagi, hal ini didukung dengan langkah besar PLN dalam membentuk Sub-Holding. Restrukturisasi ini kata Darmawan mendorong PLN berinovasi sebagai perusahaan energi berbasis teknologi masa depan.
“Restrukturisasi Holding Sub-Holding mengubah organisasi PLN. Proses bisnis yang kompleks, menjadi ringkas dan efisien. Layanan lambat dan berbelit, menjadi _excellent service_ dan sangat responsif,” ungkap Darmawan.
Darmawan mengatakan, langkah keempat PLN juga akan meningkatkan kampanye _Electrifying Lifestyle_ ke seluruh masyarakat. Selain untuk mengajak masyarakat berkontribusi dalam penurunan emisi, sekaligus menjawab perubahan gaya hidup modern masyarakat.
Kelima, PLN juga melakukan pengembangan bisnis _beyond kWh_ di mana peningkatan lini ini untuk diversifikasi bisnis perusahaan dengan memanfaatkan aset PLN yang ada, sehingga bisa meningkatkan _customer experience_.
Terakhir, PLN memastikan bahwa semua proses bisnis dan operasional perusahaan memenuhi standar _Enviroment, Sustainability_ and _Governance_ (ESG).
“Melalui prinsip ini, semua program yang dilakukan PLN diharapkan bisa memberikan dampak langsung kepada masyarakat, lingkungan dan bangsa,” pungkas Darmawan.