Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here

Kementerian PUPR Raih Tiga Penghargaan pada FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2022

Kementerian PUPR
Kementerian PUPR Raih Tiga Penghargaan pada FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2022

JAKARTA(Cakrawalaindonesia.id) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berhasil mendapatkan tiga penghargaan dalam ajang FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2022 di Jakarta, Senin (12/12/2022) lalu. Penghargaan ini merupakan ajang apresiasi kepada para pengembang properti dan ahli real estat terbaik atas pengembangan proyek-proyek properti berprestasi di seluruh Indonesia.

Penghargaan yang dimenangkan Kementerian PUPR yaitu Outstanding Achievement Kategori Amenities dan Silver Winner Kategori Heritage untuk proyek renovasi Masjid Istiqlal Jakarta, serta Gold Winner Kategori Heritage untuk proyek rehabilitasi Bangunan Pasar Johar Semarang. Kedua proyek tersebut dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Renovasi ini yang dilakukan pada tahun 2019-2020 menjadikan Masjid Istiqlal sebagai tempat ibadah pertama di dunia yang diakui atas penerapan prinsip bangunan hijau (green building) guna penghematan energi dan keberlanjutan lingkungan. Renovasi dilakukan dengan mempertahankan material sebagai bangunan cagar budaya pada struktur, interior, dan eksterior bangunan dengan mengaplikasikan teknologi terkini.

Sedangkan rehabilitasi Pasar Johar yang telah selesai pada awal tahun 2022 juga dilaksanakan dengan prinsip-prinsip pelestarian bangunan gedung cagar budaya dengan melibatkan Pemerintah Daerah sehingga bentuk asli pasar dapat tetap terjaga. Konsep rehabilitasi tersebut disesuaikan dengan fungsi Kota Semarang sebagai kota tujuan wisata dengan keselarasan lingkungan dan kearifan lokal.

“Melakukan renovasi bangunan cagar budaya tidak mudah karena harus memahami makna dan arti bangunan tersebut serta tetap harus menjaga keandalan bangunan agar bisa dimanfaatkan pada kondisi saat ini. Selamat tim Cipta Karya yang telah melaksanakan renovasi bangunan cagar budaya dengan baik. PUPR sigap membangun negeri,” kata Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti.

Presiden Federasi Realestat Dunia (FIABCI) Indonesia Budiarsa Sastrawinata mengatakan penghargaan ini adalah bentuk apresiasi kepada pengembang yang sudah menghasilkan karya yang berkualitas, terlebih di masa pandemi mereka tetap berkarya dan berinovasi. “Kerja keras para pelaku properti dalam lebih 2,5 tahun masa pandemi ini patut dan layak diberikan apresiasi,” katanya.

Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida turut menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para pemenang FIABCI Indonesia-REI Excellence Awards 2022. Ia berharap situasi post-pandemi saat ini dapat dijadikan momentum untuk bangkit dan meneruskan karya pembangunan yang berkualitas dan inovatif di dalam negeri.

“Kita tentu berharap bisa bangkit bersama, salah satunya dengan berupaya menyesuaikan diri dengan desain baru, tata lingkungan baru dan tata kota baru di dalam suasana adaptasi kebiasaan baru di masa pasca pandemi ini,” ujarnya.

Total sebanyak 21 proyek properti yang dinobatkan sebagai peraih FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2022 yang nantinya akan diikutsertakan pada ajang penghargaan kelas dunia FIABCI Prix d’Excellence Awards 2023. Selain itu, pada kategori lokal ada sebanyak 28 proyek perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang memperoleh penghargaan tersebut.