CIO – Promosi dan marketing adalah dua faktor yang menentukan kesuksesan suatu usaha.
Anda akan berhasil memasarkan produk anda jika anda bagus dalam mempromosikannya, begitulah kira-kira hubungannya.
Dalam artikel ini faktor promosi saja yang dibahas. Tanpa menyebut jenis usahanya, baik itu perbengkelan, kerajinan, kuliner, garmen atau apapun, pada prinsipnya ada beberapa hal yang menjadi dasar dalam berpromosi baik itu dalam bisnis online ataupun konvensional.
Yang pertama adalah keramahan. Meskipun tampak sepele, keramahan membuat orang nyaman berada di dekat anda dan nyaman pula menggunakan produk anda.
Bagaimana dengan bisnis online di mana penjual dan pedagang tidak saling bertatap muka?
Anda tetap dapat menunjukkan keramahan itu berupa website yang ramah pengunjung dari segi desain yang menarik dan tidak rumit dan kejelasan alamat kontak.
Manakala anda mendapat e-mail, segeralah respon, dan inilah cara anda menunjukkan keramah-tamahan anda. Ditambah dengan adanya ikon-ikon lucu yang mewakili ekspresi anda, respon anda akan lebih terasa keramahannya.
Yang kedua. jagalah hubungan baik dengan para pelanggan anda.
Hubungan baik ini memang tidak langsung mendatangkan keuntungan, tetapi lebih tahan lama mempertahankan pelanggan apalagi pelanggan yang puas akan tanpa sadar mempromosikan anda ke teman-temannya.
Contoh menarik dari upaya menjaga klien ini adalah ketika klien ulang tahun ada ucapan selamat, ketika klien merayakan hari keagamaan ada ucapan, dsb.
Ketiga. Beri perhatian untuk produk anda yang banyak diminati dan jangan ragu untuk memberikan diskon, souvenir, ataupun voucher untuk produk tertentu ini.
Cara promosi ini efektif karena memang produk tersebut sedang diminati oleh para pelanggan. Jangan pula mengecilkan arti sebuah souvenir kecil karena itu biasanya justru yang menjadi alasan beberapa pelanggan membeli suatu produk.
Jangan ragu untuk melakukan promosi di media jejaring sosial dengan memampangkan produk andalan anda. Meskipun kapasitas di media tersebut tidaklah terlalu besar, anda bisa selalu menggilir produk yang ditampilkan secara berkala. Hal ini untuk membuat teman-teman dan kenalan anda terbiasa melihat produk apa yang anda tawarkan.