Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
TRAVEL  

Gunung Tangkuban Perahu, Wisata Populer Tahun 2022 yang Sangat Wajib untuk Dikunjungi

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu – Jawa Barat memiliki salah satu tempat wisata andalan yakni Gunung Tangkuban Perahu. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan panorama yang sangat indah. Oleh karena itu, banyak warga Bandung dan sekitarnya yang memilih untuk mengisi waktu liburan di sini.

Tangkuban Perahu sendiri dikenal sebagai salah satu gunung dengan statusnya yang masih aktif. Meski demikian pesonanya mengalahkan segalanya dan membuat siapa saja ingin berkunjung. Selain itu, legenda yang ada di masyarakat sekitarnya juga memiliki daya tarik tersendiri.

Sejarah dan Legenda Nama Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Bermula dari legenda Sangkuriang yang mencintai seorang wanita dan ia tidak tahu bahwa wanita itu adalah ibunya. Sang ibu atau yang bernama Dayang Sumbi mengetahui bahwa Sangkuriang adalah putranya. Agar niat tersebut gagal dayang sumbi memberi persyaratan.

Syaratnya yakni membuat perahu dan membangun telaga dalam waktu satu malam. Namun, persyaratan tersebut gagal dijalankan. Sangkuriang marah lalu menendang perahu hingga terbalik yang kini banyak disebut sebagai Tangkuban Perahu.

Lokasi Wisata dan Harga Tiket Masuk

Gunung Tangkuban Perahu

Lokasinya di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Setelah itu menuju arah akses masuk gerbang Taman Wisata Gunung Tangkuban Perahu yang tidak jauh dari jalan raya. Kawasan wisatanya dibuka jam 8 pagi hingga jam 5 petang.

Harga tiket masuk kawasan wisata mulai dari Rp.20.000,- untuk pengunjung lokal di hari bisa dan Rp.30.000,- di akhir pekan. Tiket pelajar berbeda yakni Rp.18.000,- untuk weekday dan Rp.20.000,- untuk weekend. Harga tersebut di luar tarif parkir kendaraan.

Fasilitas Kawasan Wisata

Gunung Tangkuban Perahu

Memiliki area parkir yang luas dan mampu menampung banyak kendaraan roda dua hingga kendaraan besar seperti bus. Oleh karena itu, kawasan wisata ini sering juga dikunjungi rombongan wisata. Selain itu, untuk mencari tempat ibadah pun tidak sulit karena tersedia di tempat ini.

Meski di pegunungan, disini juga tersedia toilet di beberapa titik untuk memudahkan pengunjung. Bagi yang ingin membawa pulang cinderamata juga tersedia penjual souvenir. Selain itu bagi yang ingin kulineran juga ada banyak penjual makanan hangat khas pegunungan.

Daya Tarik Wisata

Kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu memiliki beberapa daya tarik yang menjadi alasan banyak orang untuk berkunjung. Berikut ini beberapa daya tarik yang akan dinikmati jika berkunjung ke Tangkuban Perahu.

1. Melihat dari Dekat Kawah Ratu

Sebagai gunung dengan statusnya yang masih aktif, Tangkuban Perahu memiliki kawah yang masih aktif. Ada 13 kawah yang masih aktif tetapi tidak semua boleh dilihat dari dekat. Hanya ada 2 kawah yang pengunjung boleh melihatnya dari dekat.

Salah satu dari kawah tersebut adalah Kawah Ratu yang juga disebut sebagai icon Gunung Tangkuban Perahu. Kawah tersebut merupakan kawah terbesar di gunung tersebut dan terdapat pagar kokoh yang mengelilinginya. Oleh karena itu kawasan ini aman dikunjungi.

2. Melihat Kawah dari Dekat Domas

Setelah Kawah Ratu, kawah kedua yang aman dikunjungi adalah Kawah Domas. Namun, untuk menuju ke kawah tersebut perlu didampingi pemandu wisata karena akan melewati jalan setapak dan perjalanannya membelah hutan. Meski demikian akhirnya akan sebanding dengan pemandangan yang didapatkan.

Kawah Domas sangat indah dengan landscape tumpukan bebatuan yang mengelilinginya. Selain itu terdapat beberapa kolam-kolam kawah berisi air panas mengandung lumpur belerang. Pengunjung tempat ini sering memanfaatkan air panas alaminya untuk merebus telur dan langsung menikmatinya.

3. Pemandangan Kawah Upas

Ada area kawah lain di Gunung Tangkuban Perahu yang pemandangannya sangat indah yakni Kawah Upas. Meski area kawahnya tidak bisa dikunjungi secara dekat, namun pemandangannya sangat indah. Tak jarang pengunjung memanfaatkannya sebagai spot foto yang instagramable.

Suasana pagi di kawasan ini sangat cocok untuk para pemburu sunrise. Pasalnya, di sekitar kawah upas terdapat tebing-tebing dengan pemandangan indah untuk menanti matahari terbit. Sungguh akan tampak seperti lukisan alam yang sayang dilewatkan dengan suasana menenangkan.

4. Kuliner Hangat di Lereng Gunung

Berwisata di pegunungan tidak lepas dari udara dingin yang menyelimuti. Namun, jangan khawatir karena di kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu banyak penjual yang menawarkan makanan dan minuman hangat. Tersedia makanan seperti jagung bakar, jagung rebus, oncom, ketan bakar, dan sebagainya.

Sebagai pendamping makanan tadi ada berbagai jenis minuman hangat yang bisa dinikmati seperti kopi, teh, susu, dan bandrek. Kenikmatan makan di lereng gunung akan sangat terasa sembari menikmati pemandangan.

Itulah yang bisa dinikmati jika mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu. Banyak yang bisa dieksplor di sana terutama pemandangan indahnya yang instagramable. Ingin berwisata ke gunung dengan panorama indah dengan fasilitas memadai maka ke Tangkuban Perahu jawabannya.