Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
TRAVEL  

Info Wisata Curug Bidadari Talun, HTM, Lokasi, Jam Buka & 4 Fasilitas Menarik

Curug Bidadari Talun

Curug Bidadari Talun – Menghabiskan waktu dengan berlibur ke wisata air terjun mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat. Saat ini sudah ada banyak sekali wisata air terjun yang tersedia. Salah satu yang bisa Anda kunjungi yaitu Curug Bidadari Talun. Bagi Anda semua yang masih asing dengan istilah curug, curug dapat diartikan sebagai air terjun.

Salah satu hal menarik yang ada di Kota Pekalongan yaitu banyaknya objek wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya yakni Curug Bidadari Talun. Tidak hanya itu saja, tempat wisata ini juga memiliki mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat sekitar, yakni pada malam-malam tertentu akan mencul sosok seorang putri yang konon katanya sedang mandi pada curug tersebut.

Ada 2 spot yang sering digunakan oleh bidadari tersebut sebagai tempat untuk mandi. Pertama di area pancuran yang ada di sela-sela batu yang saat ini telah diberikan tanda-tanda oleh panitia, yang kedua di tengah-tengah lorong, dan yang ketiga tepat berada di bawah air terjun Curug Bidadari Talun.

Ada juga versi lain yang mengatakan bahwa setiap kali ada anak kecil yang rewel ketika dibawa ke tempat wisata ini maka secara otomatis akan hilang rewelnya. Hal ini karena anak kecil tersebut melihat indahnya pelangi yang terletak di antara dua tebing yang mengapit curug. Pada saat itu, bidadari akan turun dari langit untuk dapat menenangkan anak yang rewel tersebut. Benar atau tidaknya mitos itu tergantung dari diri Anda sendiri. Namun hingga saat ini mitos tersebut masih dipercaya oleh masyarakat setempat.

Lokasi

Curug Bidadari Talun

Curug Bidadari Talun berlokasi di Dukuh Purbo, Desa Jolotigo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Untuk bisa menuju tempat wisata ini, rute yang harus dilalui juga sangat mudah. Apabila Anda memutuskan untuk berangkat dari pusat Kota Pekalongan, maka Anda harus menuju JL. Hos Cokroaminoto sampai tiba di JL. Raya Sengare.

Selanjutnya Anda bisa meneruskan untuk mengemudi hingga sampai ke Dukuh Purbo. Setelah itu Anda tinggal mencari lokasi Curug Bidadari Talun dengan sangat mudah. Akses jalannya terbilang cukup bagus meskipun tidak memiliki aspal. Meskipun begitu, jalan sudah tertata dengan baik dan dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan karena ukurannya jalannya cukup lebar.

HTM

Curug Bidadari Talun

Untuk HTM Curug Bidadari Talun juga sangat terjangkau, para wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.3.000,- saja per orangnya. Tentunya sangat direkomendasikan untuk Anda semua yang ingin berwisata namun tidak ingin pusing soal biaya. Karena HTM tempat wisata ini sangatlah bersahabat.

Jam Buka

Curug Bidadari Talun

Bagi Anda semua yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, Curug Bidadari Talun buka setiap hari selama 24 jam. Jadi tidak ada batasan waktu kapan Anda ingin berkunjung. Namun untuk dapat menikmati keindahan Curug Bidadari Talun sepenuhnya, Anda bisa memutuskan untuk datang pada saat pagi hingga sore hari. Usahakan juga untuk tidak datang pada saat hari libur. Hal ini dilakukan agar tidak terlalu padat pengunjung. Sehingga Anda bisa menikmati keindahan tempat wisata ini dengan sangat bebas.

4 Fasilitas Menarik

Curug Bidadari Talun

1. Area Parkir Kendaraan yang Cukup Luas

Pengelola Curug Bidadari Talun telah menyediakan area parkir kendaraan yang cukup luas. Pengamanannya juga sangat ketat. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi akan terjadi sesuatu pada kendaraan karena pengamanan area wisata ini sangatlah ketat.

2. Tempat Duduk untuk Bersantai

Sembari menikmati keindahan, Anda juga bisa duduk dan bersantai pada tempat yang telah disediakan oleh pengelola. Anda juga bisa menikmati berbagai macam jajanan serta kuliner yang dijual.

3. Musholla

Untuk yang beragama muslim jangan khawatir. Karena pihak pengelola telah menyediakan musholla sebagai tempat untuk beribadah. Dengan begitu ketika nantinya waktu sudah menunjukkan untuk sholat, maka Anda bisa langsung mempergunakan musholla yang telah disediakan untuk beribadah.

4. Toilet Gratis

Di tempat wisata ini, pihak pengelola juga telah menyediakan toilet secara gratis. Namun ada juga yang berbayar. Untuk toilet yang gratis, tentu saja Anda harus mengantri dengan wisatawan yang lainnya. Untuk masalah kebersihan tenang saja, toilet yang ada di tempat wisata ini sudah terjamin kebersihannya.

Itulah sekilas ulasan tentang info wisata Curug Bidadari Talun beserta dengan lokasi, jam buka, dan 4 fasilitas menarik yang ada di dalamnya. Bagi Anda semua yang saat ini sedang mencari tempat wisata untuk dikunjungi, Curug Bidadari Talun mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat.