Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
NEWS  

Lawan Impact, Biasakan Permainan Cepat Penuh Tekanan Khas Amerika Serikat

Lawan Impact, Biasakan Permainan Cepat Penuh Tekanan Khas Amerika Serikat
Lawan Impact, Biasakan Permainan Cepat Penuh Tekanan Khas Amerika Serikat

JAKARTA(Cakrawalaindonesia.online) – Timnas Indonesia di Las Vegas tidak hanya gelar latihan. Training camp di Negeri Paman Sam itu juga diisi dengan scrimmage game. Dua kali Pasukan Merah Putih proyeksi SEA Games XXXII/2023 Kamboja tersebut menjajal kekuatan Impact Basketball usia 18-20 tahun.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia Wahyu Widayat Jati mengatakan, ada pertimbangan tersendiri scrimmage game melawan Impact Basketball. Terutama untuk pemain yang berusia 18-20 tahun. Mereka enerjik dan bertenaga.

Usia ini nyaris sama dengan 17 pemain Timnas yang dikirim berguru ke Las Vegas sejak 7 Oktober lalu. Dalam dua kali uji coba di dua pekan pertama itu berakhir dengan kedudukan 47-67 dan 68-74 untuk kemenangan skuad Indonesia.

“Bermain melawan Impact yang punya standar US. Tujuannya, pemain harus bisa menghadapi permainan cepat dan penuh pressure dari lawan,” ungkap Wahyu.

Di Las Vegas, lanjut Wahyu yang berjaya bersama Satria Muda saat menjadi pemain, para pemain diberikan materi pola permainan. Selain itu ada strength conditioning.

“Jujur, belum ada perkembangan yang signifikan karena masih 2 minggu. Semua masih melakukan adjustment program dari Impact dan cuaca di US,” jelas pelatih kelahiran Magelang, 15 Juli 1977 ini.

Wahyu mengatakan, untuk program uji coba selanjutnya masih dibahas kemungkinannya. Timnas Indonesia berada di Las Vegas hingga bulan depan. Sepulang dari Las Vegas, para pemain akan terjun di IBL Indonesia 2023 bersama Indonesia Patriots. Namun PP PERBASI juga memberikan peluang kepada pemain untuk memilih bela klub bagi yang sudah punya klub.

“Saat kembali ke training camp untuk persiapan SEA Games 2023 Kamboja, PP PERBASI akan panggil pemain senior dan pemain di abroad untuk memperkuat timnas,” tambahnya.

Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi mengatakan, federasi selalu mendukung persiapan Timnas demi prestasi yang membanggakan. Apalagi, tantangan timnas di SEA Games Kamboja tahun depan tidak mudah.

“Kami selalu hadir untuk pemain. Kami berusaha berikan yang terbaik agar Timnas bisa berikan yang terbaik, apalagi pada SEA Games Kamboja nanti kita harus mempertahankan emas dari basket 5×5 yang diperoleh pada SEA Games Hanoi,” jelas Nirmala.(***)