JAKARTA(CIO) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengumumkan lima pemenang kompetisi ‘KitKat Breakreasi Design Challenge 2022” yang merupakan hasil kemitraan Kemenparekraf dengan Nestle Indonesia untuk mempromosikan lima destinasi super prioritas Indonesia beserta Bali melalui kemasan makanan yang unik dan menarik.
“Ini merupakan bentuk kolaborasi yang menjadi bagian dari penciptaan destinasi wisata yang akan semakin dikenal oleh masyarakat secara luas,” kata Menparekraf Sandiaga dalam acara Konferensi Peluncuran Kemasan Spesial Pariwisata melalui Kompetisi “KitKat Breakreasi Design Challenge 2022″ di AYANA Midplaza, Jakarta, Senin (15/08/2022).
Tercatat ada 358 pelaku kreatif yang mendaftarkan diri pada kegiatan ini, namun setelah melalui proses penjurian yang melibatkan juri-juri profesional dan dilakukan secara ketat dalam rentang waktu yang telah ditetapkan, akhirnya terpilih lima pelaku kreatif sebagai pemenang yaitu:
Winner 1 dengan desain destinasi Bali: Irdiana Junaida;
Winner 2 dengan desain destinasi Danau Toba: Jacqueline Emmanuella;
Winner 3 dengan desain destinasi Likupang: Maria Adinda;
Winner 4 dengan desain destinasi Mandalika: Irwan Nugraha;
Winner 5 dengan desain destinasi Borobudur: Galang Dwiki.
Menparekraf Sandiaga menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada seluruh peserta lomba karena telah menyemarakkan kompetisi ini. Melalui kompetisi ini, Sandiaga berharap dapat merangkul kalangan anak muda untuk berwisata di Indonesia aja sekaligus menjadi bagian dari upaya kepulihan dan kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.
“Selamat kepada para pemenang kompetisi ini. Kita patut berbangga karena desain mereka mewarnai KitKat edisi khusus yang akan mulai terdistribusi khususnya di lima destinasi super prioritas serta Bali. Dan ini bagian dari pada keadilan pemerintah untuk berkolaborasi membuka peluang usaha dan lapangan kerja, karena tahun ini kita ditargetkan bisa mencetak 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas, dan di tahun 2024 sebanyak 4,4 juta lapangan kerja baru,” ujar Menparekraf.
Presiden Direktur PT Nestle Indonesia Ganesan R. Amplavanar menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Kemenparekraf/ Baparekraf dalam menghadirkan kompetisi ‘KitKat Breakreasi Design Challenge 2022” bertema Destinasi Ter-Indonesia Lo!
Hal ini sejalan dengan nota kesepahaman yang sudah terjalin antara Nestle Indonesia dengan Kemenparekraf pada Maret dan April 2022, berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan promosi dan strategi pengembangan pasar di lima DSP dan juga Bali.
Selain menjadi sarana promosi destinasi super prioritas Indonesia, kehadiran kompetisi ini juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia serta menyambut Hari Pariwisata Sedunia yang diperingati setiap 27 September.
“Kami berharap kompetisi ini dapat mendukung para pelaku industri kreatif termasuk desainer Indonesia untuk terus menampilkan pesona keberagaman destinasi wisata maupun budaya Indonesia melalui karya-karya mereka. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada para pemenang KitKat Breakreasi Design Challenge, teruskanlah berkarya bagi Indonesia,” kata Ganesan.(***)