INDEKS
SUMSEL  

Silaturahmi & Diskusi dengan IGORNAS di Sumsel, Menpora Amali Sebut Guru Olahraga Adalah Ujung Tombak Pembinaan Olahraga

Menpora
Silaturahmi & Diskusi dengan IGORNAS di Sumsel, Menpora Amali Sebut Guru Olahraga Adalah Ujung Tombak Pembinaan Olahraga

PALEMBANG(Cakrawalaindonesia.id) – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menghadiri acara silaturahmi dan diskusi dengan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Sumatera Selatan (Sumsel) di Hotel Harper, Palembang, Jumat (9/12). Menpora Amali menyebut guru olahraga adalah ujung tombak pembinaan olahraga nasional.

“Guru olahraga adalah ujung tombak pembinaan olahraga. Jadi peran IGORNAS sangat dibutuhkan dan harus menunjukkan kontribusi dan eksistensinya,” kata Menpora Amali.

Menpora Amali berharap, guru olahraga yang tersebar di seluruh Tanah Air dapat menemukan talenta-talenta atlet yang berbakat. Selanjutnya talenta berbakat tersebut akan di lakukan seleksi hingga diproyeksikan menjadi atlet nasional.

“Kita butuh talenta yang mencapai 250 ribu orang yang terdiri dari oelajar sekolah dasar dan dan sekolah menengah pertama. Kemudian dilakukan seleksi dan terkahir akan menjadi 150 orang atlet nasional,” ujar Menpora Amali.

Setelah dilakukan pembinaan secara serius, mereka yang terseleksi itu akan dipersiapkan menghadapi Olimpiade 2032 yang akan datang. Butuh sekitar 10 tahun untuk membina mereka agar bisa tampil di panggung olahraga dunia.

“Jadi seiring dengan adanya Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON, maka atlet harus kita cari, kita cetak. Talenta itu tidak akan pernah putus,” tutur Menpora Amali.

Lebih lanjut, Menpora Amali bilang Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah yang ditetapkan dalam sentra DBON. Oleh karenanya, guru olahraga di Sumsel diharap dapat bisa bekerja sama dalam menyukseskan DBON.

“Guru olahraga lah yang tugasnya menemukan talenta di sekolah-sekolah. Mereka nantinya dibina dan didata. Dengan begitu, sekali lagi saya sampaikan kita tidak akan kehilangan talenta atau bakat. Koordinasi dengan pemerintah daerah agar program berjalan dengan baik,” jelas Menpora Amali.

Penulis: OctobryanEditor: Imam Arifin
Exit mobile version