Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here

Menparekraf Ajak Pelaku Ekraf Pontianak Perkuat Kolaborasi Wujudkan Percepatan Pengembangan Ekonomi

Menparekraf
Menparekraf Ajak Pelaku Ekraf Pontianak Perkuat Kolaborasi Wujudkan Percepatan Pengembangan Ekonomi

PONTIANAK(Cakrawalaindonesia.id) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pelaku ekonomi kreatif di Pontianak, Kalimantan Barat, memperkuat kolaborasi antarpihak dengan strategi inovasi dan adaptasi sebagai upaya mengembangkan usaha dalam mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

Menparekraf Sandiaga dalam acara “Pelatihan Pelaku Ekonomi Kreatif Pemula dan Peluncuran Calendar of Event Kalbar 2023” di Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (9/2/2023), mengatakan, inovasi, adaptasi, dan kolaborasi merupakan tiga upaya penting yang perlu diaplikasikan dalam menjalankan usaha dan membangkitkan perekonomian daerah.

“Kita bergotong royong bersama dan mari jadikan tahun ini tahun kebangkitan, akselerasi, dan percepatan dari perkembangan ekonomi kita,” kata Sandiaga.

Dalam pelatihan tersebut, banyak pelaku ekraf yang membutuhkan kemudahan akses pembiayaan. Kemenparekraf langsung memfasilitasi dengan berkolaborasi bersama Bank Kalbar.

“Ini adalah bagian dari program KUR (Kredit usaha rakyat), terutama KUR ekonomi kreatif,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Sandiaga juga meresmikan Calendar of Events Kalbar 2023. Kalimantan Barat sebagai provinsi terbesar di Pulau Kalimantan memiliki potensi wisata dan ekonomi kreatif yang kaya bisa menjadi lokomotif pemulihan dan kebangkitan ekonomi.

Terlebih, ada dua event di Kalbar yang berhasil masuk ke dalam Karisma Event Nusantara 2023, yakni Festival Cap Go Meh dan Pesona Khatulistiwa.

“Kita harapkan ini bisa membangkitkan perekonomian dan membuka peluang usaha serta lapangan kerja,” ungkap Sandiaga.

Baca Juga:  Menparekraf dan Jajaran Tanda Tangani Sejumlah Kesepakatan Pengembangan Pariwisata