CIO – Setiap hari kita sering jumpai berbagai pamflet, brosur dan juga spanduk yang berisikan promosi-promosi usaha mengenai produk yang sedang ditawarkan.
Promosi usaha yang dilakukan dengan cara tersebut termasuk dalam kategori promosi usaha dengan menggunakan sarana publik, karena biasanya pamfelt atau spanduk tersebut akan mudah dilihat oleh masyarakat luas pada umumnya.
Selain hal tersebut anda juga bisa memanfaatkan media papan pengumuman yang disediakan diberbagai tempat fasilitas umum untuk bisa anda gunakan untuk menempelkan iklan atau promosi usaha terhadap produk yang anda tawarkan.
Namun perhatikan juga hal-hal yang harus anda lakukan agar promosi usaha yang anda lakukan tidak menyalahi aturan yang telah ditetapkan, dan bisa membuat konsumen menjadi tertarik dengan apa yang sedang anda tawarkan, seperti beberapa hal sebagai berikut :
- Pilihlah tempat umum yang memang telah menyediakan atau digunakan sebagai tempat untuk melakukan promosi usaha kepada masyarakan umum, seperti terminal, stasiun dan sejenisnya.
Tempatkan brosur atau spanduk pada tempat yang telah ditentukan. Biasanya penyediaan tempat tersebut telah memiliki peraturan tentang waktu promosi usaha yang sedang anda lakukan.
- Letakan brosur atau spanduk pada tempat yang startegis sehingga mudah dilihat dan diketahui oleh banyak orang, dengan begitu besar kemungkinan banyak konsumen yang akan tertarik dan mencoba untuk menggunakan atau memanfaatkan produk ataupun jasa yang anda tawarkan.
- Sebaiknya anda memperhatikan penggunaan kata-kata dan ukuran huruf serta warna-warna yang menarik dan disesuaikan dengan besarnya spanduk yang akan digunakan.
Dari beberapa penjelasan tersebut diatas anda bisa menggunakan cara yang dianggap lebih mudah, efektif dan efisien untuk digunakan dalam melakukan promosi usaha yang akan anda lakukan.
Dengan begitu maka usaha yang sedang dan akan anda lakukan bisa tepat mengenai sasaran, dan menghemat biaya promosi yang sudah anda anggarkan.
Setelah promosi usaha yang anda lakukan mendapatkan hasil yang maksimal, maka anda juga harus memperhatikan kualitas produk serta pelayanan yang akan anda berikan kepada konsumen.
Dengan memberikan pelayanan yang maksimal untuk konsumen diharapkan mereka bisa menjadi pelanggan setia untuk produk yang anda tawarkan.
Nah selain itu anda bisa melakukan promosi usaha dengan mengikuti pameran.
Hanya kendalanya biasanya harus mengeluarkan biaya promosi yang cukup besar untuk sewa lokasi (termasuk both).
Manfaat dari promosi usaha melalui pameran adalah anda bisa langsung berhadapan dengan calon pembeli anda dan menjelaskan tentang keunggulan dengan produk anda.
Jangan lupa selalu siapkan brosur yang komunikatif dan menarik, buku tamu, sample produk, penawaran terbatas/diskon, dll
Tujuan utama dari kita melakukan promosi usaha adalah supaya prospek/sasaran konsumen tahu akan kehadiran produk/jasa kita.
Semakin orang ingat dan mengetahui produk/jasa kita maka potensi produk kita akan laku menjadi semakin besar.