CIO – Tahukah anda bahwa promosi usaha dapat dilakukan tanpa Anda harus mengeluarkan modal usaha?
Tahukah anda bahwa promosi dapat dilakukan bahkan dari sampah produk yang anda hasilkan?
Tahukah anda bahwa promosi usaha dari mulut ke mulut adalah cara paling efektif?
Semua cara – cara ini dapat membuat anda melakukan promosi tanpa anda harus mengeluarkan modal.
Coba bayangkan ada berapa cara konvensional yang dapat anda tempuh saat anda melakukan promosi?
Sebut saja pamflet, flyer, billboard, iklan, baik di media audio, visual maupun televisi, dan masih banyak lagi.
Cara – cara ini jelas membutuhkan modal yang tidak sedikit.
Lalu bagaimana mensiasati promosi agar tidak menjadi bagian dari usaha yang dapat membuat anda mengeluarkan budget khusus?
Teruslah membaca artikel ini, dan saya yakin bahwa anda mendapatkan jawabannya, atau setidaknya membaca artikel ini dapat membuka sedikit pemikiran anda.
Yang pertama anda lakukan adalah anda harus dapat berpikir secara out of the box.
Dimana hal – hal konvensional mengenai promosi yang memerlukan modal haruslah anda hindari. Jika anda pernah mengetahui anti marketing yang pernah dikemukakan oleh Kafi Kurnia maupun dari buku All Marketers Are Liar-nya Seth Godin, anda tentunya tahu kemana arah pembicaraan saya ini.
Jika anda belum tahu, silahkan anda browsing dan mencari tahu mengenai hal – hal yang telah saya sebutkan diatas. Ini adalah pekerjaan rumah yang harus anda lakukan.
Saya yakin ini adalah sesuatu yang telah anda miliki. Berdasarkan hal ini, anda harus dapat memikirkan bagaimana cara melakukan promosi tanpa harus mengeluarkan budget khusus promosi.
Kalaupun promosi yang anda lakukan haruslah mempunyai fungsi ganda seperti plastik ataupun tempat pembungkus makanan yang anda cap dengan nama perusahaan dan kontak person anda.
Sampah produk anda dapat anda kumpulkan dari konsumen, kemudian anda sebar lagi ditempat tertentu yang dikunjungi banyak pengunjung bahkan hanya dengan menaruhnya di tempat sampah terbuka, dengan catatan harus banyak pengunjung.
Saya yakin ini adalah teknik brand imaging termurah yang dihasilkan dari sampah produk anda sendiri tanpa harus mengeluaran modal untuk membuat billboard. Semakin sering orang melihat, akan semakin banyak orang yang penasaran dan akhirnya mencari produk anda.
Jika anda melakukan promosi usaha dari mulut ke mulut, berceritalah sebaik mungkin ataupun berlaku seramah mungkin seperti menyediakan payung bagi konsumen maupun tersenyum kepada konsumen yang komplain.
Saya yakin kebaikan anda akan diceritakan kembali dan anda telah menciptakan promosi tanpa modal dari mulut ke mulut.
Anda sudah mencobanya?