Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here

ATLAS Permudah Proses Dalam Audit

atlas

PENGERTIAN ATLAS

JAKARTA(CIO) -ATLAS merupakan singkatan dari Audit Tool and Linked Archive System yang artinya Alat Audit dan Sistem Arsip Tertaut. Aplikasi ini berbasis Microsoft Excel yang dikembangkan oleh Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) bekerja sama dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). ATLAS merupakan aplikasi stand alone dan digunakan hanya untuk satu perikatan serta satu auditor (pengguna).

PENGGUNAAN ATLAS

Saat menggunakan ATLAS kertas kerja yang pertama kali harus diisi adalah kertas kerja beranda yang isinya untuk mengisi data utama yang akan dipakai dalam aplikasi. Terdapat 3 item jenis bintang disaat menggunakan aplikasi. Dimana bintang 1 (*) item terisi secara otomatis, bintang 2 (**) item diisi dengan menggunakan pilihan dropdown, dan bintang 3 (***) item diisi secara manual. Didalam kotak/sel aplikasi ATLAS juga memiliki 3 jenis warna yang memiliki arti yang berbeda. Warna kuning diisi secara manual, warna putih terisi secara otomatis, kecuali terdapat pilihan “isilah” maka kertas kerja harus diisi secara manual, dan warna hijau diisi dengan menggunakan pilihan dropdown.

atlas

Dalam pengisian dengan pilihan dropdown tidak boleh di copy dan paste dari jawaban sebelumnya. Pada setiap kertas kerja terdapat status KKP untuk memastikan kertas kerja  telah lengkap terisi atau kesimpulan terkait prosedur yang dilakukan telah ditetapkan. Setiap kertas kerja terdapat tombol navigasi dengan nama indeks dan nama indeks untuk berpindah secara langsung ke kertas kerja yang dituju.

Saat menggunakan aplikasi ATLAS di menu beranda akan di jelaskan tahapan-tahapan apa saja yang harus dikerjakan oleh auditor dalam melakukan proses audit. Adapun tahapan-tahapan tersebut yaitu Pre-engagement, Risk assessment, Risk response, Completing & Reporting, dan General. Masing-masing item tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Adapun pre-engagement berisi untuk menganalisis dan mendokumentasikan prosedur yang dilakukan auditor serta simpulan yang dihasilkan dalam rangka menerima/melanjutkan perikatan dengan klien. Dalam setiap akhir kertas kerja terdapat kotak yang harus diisi oleh auditor jika saat mengerjakan kertas kerja ada jawaban yang anomali.

Risk assessment yaitu auditor melakukan proses identifikasi dan penilaian resiko serta mendokumentasikan prosedur yang dilakukan. Secara umum tahapan ini akan melakukan 4 hal yaitu penentuan materialitas, mengidentifikasi risiko, menilai risiko, dan merencanakan pendekatan audit.

Risk response yaitu auditor melakukan prosedur audit lanjutan untuk menanggapi risiko yang telah diidentifikasi dan dinilai pada tahap risk assessment. Pada tahap ini auditor akan melakukan pemilihan prosedur audit yang dipilih, penentuan jumlah sampel yang akan diuji, input jurnal koreksi baik dari manajemen maupun auditor (jika ada), dan prosedur pengujian khusus (contoh audit estimasi akuntansi).

Completing and reporting merupakan tahapan akhir dari audit termasuk evaluasi terhadap bukti-bukti audit yang diperoleh serta prosedur lainnya sebagai pelengkap dari prosedur utama yang telah dilakukan pada tahap risk response sampai dengan dilakukan penerbitan laporan auditor independent.

Pada saat melakukan proses audit bisa dilakukan dengan menginput data laporan keuangan unadited terlebih dahulu pada menu general. Untuk mengetahui apakah data yang sudah diberikan oleh management perusahaan sudah valid. Setiap kertas kerja audit sudah dibuat menu test control untuk mempermudah auditor mengerjakan laporan audit.

Dengan adanya aplikasi ATLAS ini sangat membantu auditor untuk meningkatkan kualitas audit. Akuntan publik dituntut untuk senantiasa mengikuti perkembangan bisnis dan perkembangan standar yang ada. Akuntan publik harus memahami standar tersebut serta mengimplementasikannya dalam praktik dilapangan. Pengembangan ATLAS telah dimulai sejak tahun 2017 untuk tahap perencanaan audit. Pada tahun 2018 telah menyelesaikan sampai dengan tahap pelaporan sehingga seluruh tahapan audit telah terintegrasi.

Spesifikasi aplikasi Microsoft Excel disarankan menggunakan versi 2013 ke atas agar penggunaan aplikasi bisa maksimal. Penggunaan MS Excel kebawah bisa menyebabkan beberapa rumus excel tidak berfungsi sehingga rumus otomatis tidak bisa terbaca hasilnya. File aplikasi ATLAS juga berukuran besar, dianjurkan agar spesifikasi laptop/desktop mempunyai RAM yang besar serta space yang cukup di hard disk (seperti: minimal ukuran RAM 4G dengan prosesor minimal icore 5). Demikian sedikit penjelasan dan cara penggunaan ATLAS semoga bermanfaat.

atlas