INDEKS
RIAU  

Aksi Nyata Chaidir, Ketum FKPMR, untuk Gerakan Donasi Buku Forum TBM Riau

PEKANBARU(CIO)Gerakan donasi buku yang digaungkan Forum TBM Riau lewat Program Sejuta Bahan Bacaan untuk Perpustakaan Riau semakin menggema dan ‘mengusik’ berbagai kalangan di bumi Lancang Kuning. Kali ini Dr Drh Chaidir, Ketua Umum Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) ikut pula berperan dengan memberikan bantuan buku-buku berharga koleksinya. Total 122 eksemplar buku yang sebagian besar adalah buah karya beliau diserahkan ke Forum TBM Riau di Sekretariat FKMPMR, Jalan Kembang Sari Kompleks No 3, Kopan, Pekanbaru, Kamis (14/07/2022).

Bukan tanpa alasan Chaidir tergerak memberikan buku kepada Forum TBM, begitu mendapatkan informasi bahwa forum tersebut menerima sumbangan buku dari masyarakat dan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, mantan Ketua DPRD Riau 2 periode ini langsung tertarik.

“Kebetulan saya banyak punya koleksi buku di rumah. Sebagian buku-buku itu saya serahkan ke forum taman baca masyarakat untuk dimanfaatkan dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat. Saya percaya melalui gerakan ini banyak mimpi-mimpi putra-putri bangsa yang akan menjadi nyata,” jelasnya.

Hal ini bagi Chaidir tidaklah hal yang berlebihan. Pria kelahiran Pemandang, dusun kecil di Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ini, sejak dulu dikenal sangat aktif menulis dan mencintai buku. Tulisan-tulisan bernasnya rutin dimuat di media cetak, dan sudah menciptakan banyak buku pula.

Bagi Chaidir yang pernah menjadi Ketua Dewan Perpustakaan Provinsi Riau ini, bantuan buku-buku ini adalah salah satu cara menunjukkan saling bersinergi dan berbagi kebahagiaan sampai ke pelosok negeri dalam gerakan Sejuta Bahan Pustaka untuk Taman Bacaan Masyarakat yang ada di Riau.

Sekretaris Forum TBM Riau, Sari, mengaku sangat mengapresiasi donasi buku-buku yang dilakukan oleh Chaidir. “Sumbangan tersebut sangat membantu TBM. Pak Chaidir tidak hanya bernarasi mendukung sejuta bahan bacaan untuk perpustakaan di Riau, tetapi langsung beraksi memberikan buku sebanyak 122 buah,” kata Sari.

Selain buku umum, sosial politik, ekonomi, kebudayaan, kebudayaan Melayu, dan agama, Chaidir juga menyumbangkan 20 eksemplar buku karyanya yang terbaru, Bukan Panggung Politik 4.0′, Sebuah Percikan Pemikiran, dengan kata pengantar dari Dahlan Iskan.

“Buku Bukan Panggung Politik 4.0′ ini akan diulas oleh Forum TBM, untuk menginspirasi para akademisi di Riau,” ungkap Sari.

Chaidir merupakan donatur keempat setelah program ini dipublikasikan, dan menggenapkan jumlah donasi menjadi 1.002 bahan bacaan. Meskipun begitu, beliau tokoh Riau pertama menyampaikan narasi dukungan terhadap Program Sejuta Bahan Bacaan untuk Perpustakaan Riau.

“Semoga aksi nyata Pak Chaidir ini bisa memberikan motivasi dan inspirasi kepada tokoh-tokoh praktisi dan akademisi Riau untuk sama-sama bergerak dan berdonasi bahan bacaan untuk didistribusikan Forum TBM ke Kabupaten/Kota se-Riau.

Seperti kata Chadir, “Bagi sahabat literasi, mari saling mengambil peran untuk kemajuan literasi di Negeri Lancang Kuning. Salam literasi bertubi-tubi…”.(HB)

Exit mobile version