Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here

Menparekraf Bilateral Meeting dengan Uzbekistan dan Thailand Jajaki Kerja Sama Ekraf

Menparekraf
Menparekraf Bilateral Meeting dengan Uzbekistan dan Thailand Jajaki Kerja Sama Ekraf

TASHKENT(Cakrawalaindonesia.id) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Republik Uzbekistan, Ilkhom Utkurovich Khaydarov, dan Direktur Badan Ekonomi Kreatif Thailand, Cakkrit Pichyangkul, membahas potensi kerja sama di sektor ekonomi kreatif (ekraf).

Pertemuan ini dilakukan di sela-sela kunjungan Menparekraf Sandiaga di World Conference on Creative Economy (WCCE) 2024 di Tashkent, Uzbekistan, Rabu (2/10/2024) waktu setempat.

Saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Republik Uzbekistan, Ilkhom Utkurovich Khaydarov, Menparekraf menyampaikan Indonesia dan Uzbekistan pada tahun 2023 telah melakukan MoU antara Kemenparekraf/Baparekraf dengan Uzbekistan Art and Culture Development Foundation dalam kerja sama di bidang ekonomi kreatif, yang dilakukan pada 17 Oktober 2023 di Tashkent.

“Kami berharap bisa memperkuat kerja sama antara Indonesia dengan Uzbekistan dalam mengembangkan ekonomi kreatif, seperti peningkatan SDM sektor ekonomi kreatif, pertukaran data, hingga pameran,” kata Menparekraf Sandiaga.

Di waktu yang berbeda, Menparekraf Sandiaga bertemu dengan Direktur Badan Ekonomi Kreatif Thailand, Cakkrit Pichyangkul, dan menyampaikan keinginannya untuk berkolaborasi dalam pengembangan sektor ekonomi kreatif dengan Thailand.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, meski belum ada kerja sama formal antara Indonesia dengan Thailand yang tertuang dalam Memorandum of Understanding, kolaborasi kegiatan, atau kerja sama tertulis lainnya, tapi hubungan diplomasi antara Indonesia dan Thailand serta kolaborasi dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tetap terjalin secara paralel dengan saling mereferensikan satu sama lain secara informal.

“Thailand tetap turut menjadi mitra Indonesia dalam pertemuan internasional khususnya pada kerja sama di bawah agenda-agenda ASEAN. Hubungan Indonesia dan Thailand secara umum sering terjalin dalam partisipasi kedua negara pada pertemuan internasional,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf meyakini, bekerja sama dalam pengembangan ekonomi kreatif dengan Indonesia, akan juga menguntungkan kedua negara. Sebab ekonomi kreatif Indonesia menyumbang 3,1 persen dari PDB global dan 6,2 persen untuk lapangan kerja di dunia. Pada tahun 2030, kontribusi ekonomi kreatif diperkirakan akan mencapai 10 persen terhadap PDB global dan kontribusi terhadap penciptaan lapangan kerja akan mencapai 40 persen.

“Kami berharap bisa berkolaborasi dalam mengembangan ekonomi kreatif global, karena ekonomi kreatif memiliki peranan yang semakin signifikan dalam ekonomi global,” kata Menparekraf.