Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
BANTEN  

Diresmikan Sandiaga Uno, Hotel Tentrem Jakarta Usung Kearifan Lokal dan Ajak UMKM Naik Kelas

Hotel Tentrem Jakarta
Diresmikan Sandiaga Uno, Hotel Tentrem Jakarta Usung Kearifan Lokal dan Ajak UMKM Naik Kelas

TANGERANG SELATAN(Cakrawalaindonesia.id) – Group Tentrem lebarkan sayap okupansi bisnis hotel setelah menjadi ikon di Semarang dan Yogyakarta. Tidak tanggung-tanggung, kawasan elit Alam Sutera, Tangerang Selatan dipilih menjadi lokasi berdirinya hotel megah itu di daerah sub urban Jakarta.

Pemilik Hotel Tentrem Jakarta dan Tentrem Group, yang diwakili oleh Karina Pikanto dan Irwan Hidayat, sepakat bahwa kehadiran hotel ini merupakan tonggak penting dalam ekspansi mereka menghadapi persaingan dengan kompetitor.

Sebagai salah satu proyek gemilang dari anak bangsa, Hotel Tentrem Jakarta tidak hanya menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Jakarta Raya, tetapi juga sebuah representasi dari keindahan dan dedikasi.

“Kami tetap pertahankan nilai keindonesiaan di sana,” kompak keduanya saat pembukaan hotel tersebut, Minggu 14 Juli 2024.

Menurutnya, saat ini, banyak hotel yang menggunakan nama-nama asing dan juga dimiliki orang asing. Oleh karena itu, pihaknya merasa beruntung bisa membuat hotel menggunakan nama Indonesia.

Selain itu, ia merasa senang karena Hotel Tentrem bukan hanya tempat untuk menginap, tapi juga sebagai brand yang menjadi top of mind dalam benak masyarakat Indonesia.

“Kami melakukan semua itu dengan suatu maksud yaitu membuat kami bangga kepada diri sendiri, tidak ada kemajuan kalau tidak ada partisipasi dari pengusaha dan masyarakat,” ujar Irwan.

Didesain dengan interpretasi budaya jawa dan kental akan elemen kayu, batu alami, dan penghijauan, dedikasi Hotel Tentrem Jakarta dalam melestarikan warisan Indonesia dapat dilihat melalui setiap sudut Hotel yang juga otentik dengan memadukan tradisi lokal Indonesia dan sentuhan modern.

Jajaran manajemen tidak hanya menonjolkan aspek Indonesia pada arsitektur, tetapi juga makanan. Irwan menjelaskan, dalam operasionalnya, Hotel Tentrem Alam Sutera akan melibatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Beberapa UMKM, sebelumnya, sudah dilibatkan untuk ‘mengisi’ perut para tamu di dalam hotel.

Melengkapi sajian nusantara, pengunjung Hotel Tentrem juga bisa memilih 4 outlet makanan, mulai dari Populico yang menawarkan konsep bistro, Kayu Manis yang menawarkan hidangan lokal, LIN dengan menyajikan hidangan Chinese, serta Canella yang menawarkan hidangan tradisional Italia.

“Kalau aturan hotel bintang lima, UMKM tidak boleh dimasukkan, tapi kami buat aturan sendiri untuk itu agar sektor ini juga bisa naik kelas bahkan di hotel ini bahkan ada jamu seduhan untuk tamu. Kami ingin agar hotel tentrem berbeda daripada hotel yang lain,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan bahwa keberadaan Hotel Tentrem Jakarta memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Jika hotel di-customize, lebih localized dan personalized, hal Ini bisa jadi tren terkini. Saya pikir tentrem bisa ada di Danau Toba, ada Tentrem di Labuan Bajo, Mandalika. Di Yogyakarta kan sudah ada,” ujarnya lagi.

Sandiaga kemudian berangan-angan Hotel Tentrem buka cabang di luar negeri. ”Kira-kira kalau di New York ada juga, di London ada juga. Setuju ga? Tentrem bisa hadir untuk membanggakan Indonesia di mancanegara,” harapnya.

Sebagai informasi, PT Hotel Candi Baru menggandeng PT Praja Karalan Perdana sebagai developer Hotel Tentrem Jakarta. Perusahaan ini juga merupakan operator hotel pertama yang diajak bekerja sama PT Hotel Candi Baru dalam mengembangkan brand Hotel Tentrem.

Hotel Tentrem Jakarta menyediakan 200 kamar mulai dari tipe deluxe sampai presidential suite. Untuk fasilitas, Hotel Tentrem Jakarta memiliki specialty restaurants, ballroom, ruang meeting, spa, kolam renang, gym, serta lounge.

Selain itu, terdapat banyak ruangan indoor dan outdoor yang dapat digunakan untuk private events, seperti chapel, plaza, dan VIP rooms. Ruangan-ruangan ini dapat digunakan untuk mengakomodasi acara yang membutuhkan privasi.

Hotel Tentrem juga menghadirkan grand ballroom seluas 1.000 meter persegi. Selain itu, ballroom ini juga disertai ruang multifungsi yang unik dan tradisional untuk kebutuhan acara pernikahan, tunangan, serta ulang tahun.