JAKARTA(Cakrawalaindonesia.online) – Bureau of Foreign Trade (BOFT) of Ministry of Economic Affairs (MOEA) dan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) kembali menggelar Taiwan Excellence Happy Run 2022 di Ancol, Jakarta pada 28 Agustus 2022. Lebih dari 2,000 peserta lari meramaikan acara ini. Tidak hanya itu, 30 brand pemenang Taiwan Excellence Award juga hadir dengan kurang lebih 70 produk dipamerkan dan turut memeriahkan acara ini.
Menurut Director of Taiwan Trade Center Jakarta, Mr. Tony Lin, Taiwan Excellence Happy Run merupakan acara akbar yang diadakan setiap tahun sejak 2014, dan telah menjadi ajang populer bagi banyak pelari Indonesia selama bertahun-tahun. Dan di tahun 2022 ini, untuk pertama kalinya Happy Run kembali diselenggarakan sejak merebaknya pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir.
Salah satu brand Taiwan Excellence yang mendukung dan menjadi sponsor Happy Run 2022 ini, yaitu EVA Air yang merupakan perusahaan penerbangan Taiwan dan bagian dari grup Evergreen, turut mengapresiasi diselenggarakannya kembali event olahraga tahunan ini. General Manager of EVA Air Indonesia, Makmun Hamsa mengatakan bahwa pihaknya memang sangat concern dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan, terutama situasi pada saat ini dimana pandemi Covid belum sepenuhnya berakhir meski berangsur membaik.
“Karena Taiwan Excellence Happy Run ini berhubungan dengan kesehatan, kita sangat concern sekali. Ingat, mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Nah itu yang berhubungan dengan olahraga, kalau kita olahraga, kita bisa bekerja, kita bisa bekerja. Maka dari itulah event ini kita support,” ujar Makmun Hamsa.
Lebih lanjut dia menuturkan, bahwa EVA Air juga sangat memperhatikan faktor keselamatan dalam dunia penerbangan. Hal tersebut katanya bisa dilihat dari ranking EVA Air yang selalu berada dalam 10 besar dari 450 penerbangan internasional dengan safety terbaik. Hal itulah yang membuat EVA Air masih dapat bertahan ditengah pandemi yang mewabah.
“Pada masa pandemi semua collapse, semua rugi, Eva Air salah satu yang masih punya profit. Itu karena kita cepat inovasi, jadi selain penumpang, kita kembangin cargo. Saya sampaikan ke teman-teman (pegawai EVA Air) dapur harus ngebul, karena itu kita fight sama-sama. Jadi selain penumpang kita concern juga cargo. Kita juga salah satu yang the best untuk penerapan prokes. Walaupun sekarang pandemi sudah lebih friendly, tapi tetap harus hati-hati,” tukas Makmun Hamsa.
Selain EVA Air, brand lainnya yang ikut mendukung pelaksanaan Taiwan Excellence Happy Run 2022 antara lain brand motor terkemuka di dunia dari Taiwan, SANYANG MOTOR (SYM); pemasok alat fitness tiga terbesar di Asia, HORIZON; brand air purifier terkecil di dunia, LUFTQI; brand ternama pemasok produk ICT, ACER; pemasok alat bulutangkis ternama asal Taiwan, VICTOR; brand travel kompresor mini, VAGO; pemasok beragam aksesoris multimedia dan elektronik, Trans Electric Co. Ltd (PX), brand masker kecantikan Annie’s Way, brand pemasok beragam jenis gantungan suction cup serbaguna, FECA; brand tongkat jalan multifungsi, TA-DA Chair; brand shampoo premium, AROMASE dan perusahaan sol sepatu Ultra-SlimExtremely Hygroscopic Deodorizing, BIOFAST.
Sponsor-sponsor lainnya meliputi China Airlines, Magi Planet, Shiny Tea, Xing Fu Tang, 3:15PM, Mr.Brown Coffee, Pop-Smile, BinBin Rice Crackers, Triko Foods, Share Tea, CTBC Bank, dan lainnya.
Taiwan Excellence Happy Run 2022 diadakan dengan konsep hybrid, yang menggabungkan acara offline dengan virtual run. Acara ini juga turut mengundang Mr. Jack Hsiao selaku Deputy Representative dari Taipei Economic and Trade Office (TETO) Indonesia, kemudian perwakilan beberapa negara di Indonesia, serta perwakilan brand Taiwan Excellence. Dalam acara tersebut, Taiwan Excellence juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menikmati “Taste of Taiwan” melalui product demo, kuliner asal Taiwan, rute tematik kota dan pasar malam Taiwan, serta beraneka ragam aktifitas interaktif lainnya.
Seperti acara sebelum-sebelumnya, Taiwan Excellence Happy Run juga mengajak para peserta untuk turut berpartisipasi dalam mendukung program amal, dimana pada kesempatan kali ini Taiwan Excellence bersama dengan Bank CTBC menunjukkan dukungan dan kepedulian kepada lingkungan melalui Program Restorasi Kerang Hijau. Restorasi Kerang Hijau merupakan program milik PT Pembangunan Jaya Ancol dalam upaya penyelamatan kualitas air laut dan mengembangkan hayati yang ada didalamnya, dimana kerang hijau merupakan filter alami dari perairan laut yang dapat memperbaiki kualitas air. Melalui program amal ini, Taiwan Excellence, Bank CTBC dan PT Pembangunan Jaya Ancol berharap dapat memperbesar peluang kualitas air laut di Teluk Jakarta menjadi lebih baik dan dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih peduli kepada masalah lingkungan di Indonesia.